PEDAS! Syafii Maarif Sindir Ulama Jadi Mainan Politik, Siapa Buya?

PEDAS! Syafii Maarif Sindir Ulama Jadi Mainan Politik, Siapa Buya?
Ahmad Syafii Maarif. Dok. TEMPO/Seto Wardhana

RIAUSKY.COM - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Buya Syafii Maarif melontarkan pernyataan keras terkait banyaknya ulama yang jadi mainan politik dalam kampanye calon presiden (capres).

Selain kampanye capres, para calon anggota legislatif (caleg) juga memanfataakan para ulama untuk mendulang suara dalam Pemilu 2019.

“Bodohnya ulama itu. Ulama dipakai partai politik dan mereka mau. Itu sesungguhnya mengkhianati eksistensi mereka,” kata Buya Syafii saat ditemui di P4TK Matematika Kemendikbud Jogjakarta di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Senin (25/3).

Menurut Buya Buya Syafii Maarif, ulama yang dipakai parpol untuk kepentingan politik sama saja menjadi mainan politik. Harusnya mereka tetap menjaga moral dan persatuan.

“Kenapa dijadikan mainan politik? Seharusnya ulama itu menjaga moral, menjaga persatuan, menjaga hidup yang bermartabat bermoral,” tegas Buya Syafii sebagaimana diwartakan Pojoksatu.id.

Sejumlah parpol memang kerap mendatangi para ulama jelang Pilpres yang kurang dari sebulan lagi. Tujuannnya untuk menggaet mereka agar bisa ikut mengkampanyekan capres tertentu.

Fenomena seperti ini tak hanya di Jawa saja. Tapi juga terjadi di beberapa daerah lain. Buya Syafii sendiri tak menyebut ulama yang dimaksud.

Buya Syafii menilai ketika ulama sudah terseret politik dan bahkan mau jadi mainan kepentingan elit dan partai politik sebenarnya para ulama itu sedang menggadaikan profesi mereka.

“Itu sama saja menggadaikan eksitensi mereka sendiri,” tandas Buya Syafii. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index