Ini Alasan Wali Kota Bangun Kawasan Industri di Tenayan Raya

Ini Alasan Wali Kota Bangun Kawasan Industri di Tenayan Raya
Penandatangan Berita Acara Kesepakatan Musrenbang tahun 2019 untuk penyusunan RKPD kota Pekanbaru tahun 2020. 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Wali Kota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, ST, MT sedang gencar-gencarnya membangun kawasan industri di Kecamatan Tenayan Raya yang juga dimasukkan dalam program Musrenbang RKPD Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2019.

Hal ini tentu punya alasan sendiri, selain untuk memenuhi pencapaian kemajuan dari suatu wilayah perkotaan, Wali Kota mengatakan tujuan membangun kawasan industri tak lebih untuk meningkatkan daya saing ekspor, terhadap daya saing harga jual komoditi hasil olahan industri pertanian atau sering dikenal dengan sebutan olahan hasil industri hulu.

"Kita membangun kawasan industri di Tenayan itu tujuannya untuk meningkatkan angka nilai jual ekspor kita terhadap beberapa hasil olahan industri," ujar Wali Kota usai menghadiri Musrenbang RKPD Kota Pekanbaru di Hotel Aryaduta, Selasa (26/3).

Wali Kota menjelaskan, Provinsi Riau yang banyak dikenal sebagai daerah penghasil industri pertanian terutama dari hasil olahan industri perkebunan kelapa sawit, akan dapat lebih ditingkatkan menjadi daerah yang mampu bersaing dalam komoditi harga jual ekspor yang saat ini masuk dalam lingkup persaingan global.

Artinya, Industri pertanian daerah Riau saat ini tidak melulu hanya dapat menghasilkan komoditas hasil industri yang bergerak di bidang industri olahan saja, namun dari itu semua industri olahan tersebut bisa lebih ditingkatkan menjadi industri hilir.

"Intinya dari kita semua. Kalau kita bergerak dan bicara bagaimana meningkatkan revolusi dibidang industri, maka jawabannya kita harus bisa menciptakan industri tersebut berubah menjadi industri hilir. Industri hulu hanya mampu menopang daya saing nasional, tapi secara global kita harus dapat melangkah menuju persaingan komoditi ekspor," jelas Wako. (R05/Kominfo)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index