Teror Harimau Sumatera di Pelalawan, Sapi Ini Nyaris Dimangsa

Teror Harimau Sumatera di Pelalawan, Sapi Ini Nyaris Dimangsa
Sapi yang diduga diterkam harimau di Pelalawan.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Seekor Harimau diduga masuk ke perkampungan dan menyerang ternak sapi warga di Desa Labuan Bilik, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau pun langsung menurunkan tim-nya ke lokasi untuk memasang kamera trap.Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati mengatakan, bahwa saat ini tim BBKSDA sudah berada di lokasi untuk memastikan apakah benar satwa tersebut merupakan Harimau Sumatera.

"Tim kita sudah sampai di lokasi memastikan apakah itu harimau atau bukan. Dari beberapa keterangan warga, mengaku mendengar suara harimau beberapa kali hari Minggu itu," kata Dian di Pekanbaru, Kamis (11/4/2019).

Ia menyebutkan, bahwa saat dilakukan penelusuran di sekitaran perumahan warga, tim BKSDA Riau tidak menemukan jejak kaki harimau karena struktur tanah yang cukup keras dan memungkinkan tapak harimau tidak menjejak.

"Tim tidak ada menemukan jejak harimau di lokasi, bisa jadi karena tanah yang keras dan kejadiannya itu hari Minggu. Kemungkinan kena hujan jadi hilang jejaknya," terang Dian.

Dian juga membenarkan, bahwa seorang warga juga sempat mengambil foto ternak sapi yang diduga di serang harimau di lokasi kejadian. Menurutnya, ini bisa menjadi bukti apakah penyerangan tersebut dilakukan oleh "si belang".

"Kita ada dapat foto sapi yang terluka itu. Dari pengakuan warga, itu bekas di serang harimau. Lukanya pada bagian paha belakang sapi, ada luka terkena cakaran," tutupnya.

Sejauh ini, pihak BBKSDA masih melakukan tindakan awal dengan memasang kamera trap untuk memantau pergerakan Harimau Sumatera yang masih berkeliaran di sekitaran rumah warga setempat. Juga melakukan sosialisasi memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang hewan dilindungi tersebut. (R11/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index