Pujian Sandi di Debat Capres: Perempuan Indonesia Hebat, 99.9 Persen Pinjaman Usahanya Pasti Balik

Pujian Sandi di Debat Capres: Perempuan Indonesia Hebat, 99.9 Persen Pinjaman Usahanya Pasti Balik
Sandiaga Uno

JAKARTA (RIAUSKY.COM)-  Calon wakil presiden nomor 02, Sandiaga Uno menilai perempuan dalam usaha di Indonesia merupakan perempuan hebat. Hampir 99,9 persen mereka mengembalikan pinjaman untuk usahanya.

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga saat sesi debat Capres-Cawapres putaran final yng dilaksanakan Sabtu (13/4/2019) malam tadi. 

Namun begitu, Sandi menyebutkan, ada sejumlah kendala yang kaum hawa hadapi di sektor ekonomi. Sandi mengatakan hambatan utama yang mereka alami adalah minimnya akses terhadap pasar. Maka, Sandi mengenalkan program 7 Langkah PAS untuk memberdayaan perempuan saat debat terakhir 2019.

"Bagaimana kita memberikan program yang berkesinambungan, kami menyebutnya 7 Langkah PAS," kata Sandi di debat ke-5 capres-cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4).

Politisi Gerindra ini kemudian merinci 7 Langkah PAS jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden nanti. Pertama, emak-emak harus mendaftar di program ini. Kedua, pelatihan berjenjang.

Ketiga, pendampingan. Poin ketiga ini penting karena banyak perempuan yang gagal dalam usahanya karena tidak mempunyai pendamping usaha. "80% dari kegagalan perempuan yang terjun ke bisnis adalah tidak memiliki mentor," paparnya.

Keempat, program ini akan membantu perizinan usaha karena proses ini kerap menyulitkan. Kelima, Prabowo-Sandi akan membantu pengemasan produk dan pemasaran.

Keenam, pengenalan administrasi keuangan agar emak-emak melek keuangan, setidaknya yang pengetahuan dasar seperti arus kas, keuntungan dan kerugian. Langkah terakhir adalah bantuan mengakses permodalan.

Sandi juga berharap, bila Prabowo Sandi terpilih memimpin, peran kaum wanita dalam mendukung tumbuh kembang usaha, termasuk dalam mendukung perekonomian keluarga juga bisa lebih besar lagi. (R04)

 

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index