KAGET...Di Lubuk Linggau, Suara Jokowi dan Prabowo Lebih Besar dari Suara Sah...

KAGET...Di Lubuk Linggau, Suara Jokowi dan Prabowo Lebih Besar dari Suara Sah...

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2019 kembali ditemukan bermasalah. 

Perolehan suara kedua paslon itu lebih besar dari total suara sah.

Kejadian itu ditemukan di TPS 04 Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Berdasarkan situs KPU.go.id, total pemilih sebanyak 239 orang. Suara sah berjumlah 236 dan suara tidak sah 3.

Total suara itu tidak sesuai dengan perolehan kedua paslon. Paslon Joko Widodo- Ma'ruf Amin meraih 184 suara dan paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno mendapatkan 152 suara. Jika ditambahkan berjumlah 336 suara sementara suara sah hanya 236.

Data di situs resmi KPU itu sama dengan CI yang dilampirkan. Hal ini dipantau merdeka.com, Selasa (23/4) pukul 10.35 WIB.

Menanggapi temuan itu, anggota KPU Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan Hepriadi mengungkapkan, kesalahan pada perhitungan real count KPU RI bukan dilakukan secara disengaja. Petugas meng-upload sesuai dengan data dari C1 yang diterima.

"Tidak ada faktor kesengajaan, petugas situng tidak bisa merubah data, mereka masukkan data sesuai C1. Cara ini upaya KPU terkait keterbukaan informasi publik," ungkap Hepriadi saat dikonfirmasi, Selasa (23/4).

Menurut dia, kekeliuran terkadang muncul dari C1 yang dibuat KPPS. Dugaan kesalahan itu baru diketahui dan bakal diluruskan dalam penghitungan suara di tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK).

"Ya di PPK baru diketahui apa kesalahannya," pungkasnya.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index