Prabowo-Sandi Menang 28.000 Suara di Kota Dumai, Demokrat Pimpin Perolehan Legislatif Terbanyak di DPRD

Prabowo-Sandi Menang 28.000 Suara di Kota Dumai, Demokrat Pimpin Perolehan Legislatif Terbanyak di DPRD
Sandiaga Uno disambut warga Dumai saat masa kempanye beberapa waktu lalu.

DUMAI (RIAUSKY.COM)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai  menuntaskan proses penghitungan suara tingkat Kota, Senin (6/5/2019) malam.

Proses perhitungan yang berlangsung hingga larut malam ini dihadiri oleh sejumlah pengurus partai saksi dan Pawas. Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan juga hadir memantau langsung proses penghitungan suara.

Dari hasil rekapitulasi suara diempat Daerah pemilihan di Kota Dumai pasangan presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno mengungguli pasangan nomor urut 01 Jokowi-Maruf Amin dengan perolehan suara untuk pasangan nomor urut 02 sebanyak 92.373 dan 66.334 suara untuk pasangan nomor urut 1 dengan jumlah suara sah sebanyak 158.707 dan suara tidaklah sebanyak 1.911.

Sementara untuk perolehan suara calon legislatif Kota Dumai Partai Demokrat unggul di Kota Dumai dengan memperoleh 5 kursi Legislatif, diikuti partai PKS 4 kursi, PDI perjuangan 4 kursi yang nantinya akan mengisi kursi pimpinan DPRD sebagai partai pemenang pemilu.

Sementara itu sejumlah partai baru yang ikut bertarung di pemilu serentak tahun 2019 di Kota Dumai ini belum bisa mendobrak hegemoni partai lama di Kota Dumai dan hanya bisa menjadi penonton dalam 5 tahun ke depan.

Dari hasil pantauan, sebagaimana dilansir dari xnewss, selama proses rekapitulasi penghitungan suara untuk Legislatif Kota Dumai akan banyak diisi oleh muka-muka baru sebagai wakil rakyat di DPRD Dumai. Beberapa calon incumben DPRD Dumai masih mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk mewakili mereka di ranah legislatif.

"Alhamdulilah hari ini kita sudah menyelesaikan proses rekapitulasi penghitungan suara pemilu serentak 2019 dengan lancar, aman, damai dan demokratis," kata Ketua KPU Dumai Darwis Sag kepada awak media, Senin (06/05/2019).

Meski molor selama 2 hari dari target penghitungan suara yang  dicanangkan namun pihaknya tetap bersyukur penghitungan ini dapat berjalan dengan baik.

Terkait siapa partai pemenang pemilu dan calon legislatif yang akan duduk sebagai anggota DPRD Dumai, Darwis mengaku belum bisa memberitahunya. "Hari ini kita masih melakukan proses rekapitulasi penghitungan suara belum pementasan pemenang pemilu," katanya.

Untuk pemenang pemilu akan disampaikan usai rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di Provinsi Riau.(R12)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index