Ustadz Abdul Somad Dikabarkan Lagi di Sudan, Rektor UIN Suska Riau: Kami Lost Contact...

Ustadz Abdul Somad Dikabarkan Lagi di Sudan, Rektor UIN Suska Riau: Kami Lost Contact...
Rektor UIN Suska Riau, Akhmad Mujahidin

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pertemuan antara Ustadz Abdul Somad (UAS) Batubara dengan Capres 02 Prabowo Subianto pada 11 April 2019 lalu berbuntut panjang.

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sampai-sampai meminta klarifikasi pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau terkait pertemuan itu.

Soalnya UAS adalah dosen berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) di kampus tadi. Itulah makanya di surat tertanggal 16 April 2019, KASN meminta Rektor UIN mengklarifikasi apakah pertemuan antara UAS dengan Prabowo tadi melanggar prinsip netralitas ASN atau tidak.

Rektor UIN Suska Riau, Akhmad Mujahidin saat dikonfirmasi mengaku sudah menerima surat KASN itu pada 2 Mei lalu. "Secara administrasi kami sudah memanggil beliau dengan cara berkirim surat ke kantor beliau di Tafaqquh pada 6 Mei lalu," kata Akhmad.

Tapi sampai saat ini kata Akhmad, surat itu belum mendapat respon. "Saya juga sudah mengirim pesan melalui whatsapp dan juga sudah menelpon beliau, tapi tetap enggak ada respon. Kita lost contact dengan beliau," ujar Akhmad seperti dikutip dari Gatra.com.

Pihaknya kata Akhmad masih akan melakukan pemanggilan hingga 3 kali sesuai aturan yang berlaku. Dan waktu untuk itu masih ada lantaran KASN memberikan tenggat 14 hari kepada Rektor untuk merespon surat KASN itu sejak diterima. 

"Aturan untuk pemanggilan ASN kan sudah ada aturannya. Kalau panggilan pertama tak digubris, kita lakukan pemanggilan kedua, jika panggilan kedua tak digubris lagi, kita akan lakukan panggilan ketiga. Dan ketika panggilan ketiga juga tak ada respon, maka semuanya kita kembalikan kepada pihak yang mengirimkan surat itu, KASN," katanya.

Sementara itu, kalau merujuk pada surat yang diteken oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI, Nur Syam, pada 13 Agustus 2018 itu, H. Abdul Somad Batubara atau yang lebih dikenal dengan Ustadz Somad, mestinya sedang berada di Omdurman Islamic University, Khartoun Sudan hingga tahun 2021 mendatang.

Sebab di Surat Keputusan Pemberian Tugas Belajar bernomor: B-5648/SJ/B.II.4/Kp.02.3/08/2018 itu, dosen ilmu Hadits Fakultas Ushuludin UIN Suska itu diberikan izin tugas belajar selama tiga tahun untuk mengikuti program doktor (S3) konsentrasi Al-Sunnah wa Ulumul Hadits.

Meski menyandang status Aparatur Sipil Negara (ASN) berpangkat III/d, tugas belajar yang didapat Somad tidak dibiayai oleh Negara, tapi oleh sponsor bernama Yayasan Tafaqquh Study Club Pekanbaru.

Hanya saja, meski selama tugas belajar UAS dibebaskan sementara dari jabatan fungsional, haknya sebagai ASN tetap diberikan oleh Negara.

Pertanyaan yang kemudian muncul, apakah UAS datang dari Sudan khusus menemui Prabowo pada 11 April itu?

"Beliau kan sedang cuti sejak tahun 2018 lalu. Dan negara memberikan cuti hingga 6 semester, berarti masa cuti itu hingga tahun 2021. Waktu bertemu dengan Prabowo beliau dalam kondisi cuti dan seharusnya beliau saat itu ada di Sudan. Ya mungkin memang waktu itu beliau lagi ada urusan ke Jakarta. Dan mungkin sekarang beliau sudah ada di Sudan lagi. Itu yang kita belum dapatkan informasinya," kata Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska), Akhmad Mujahidin. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index