Duh, Sidak Pedagang Takjil di Dumai, BPOM Temukan Minuman Mengandung Pewarna Tekstil

Duh, Sidak Pedagang Takjil di Dumai, BPOM Temukan Minuman Mengandung Pewarna Tekstil
Petugas BPOM Dumai saat melakukan uji sampel terhadap sejumlah takjil yang dijual dipasar Ramadan.

RIAUSKY.COM - Menjamin kesehatan makanan dan minuman yang dijual di pasar Ramadhan di Kota Dumai Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Dumai melakukan pengecekan sejumlah makanan dan minuman yang dijaja oleh pedagang, Selasa (07/05/2019).

Dua lokasi pasar Rhamadan yang berada di Jalan Jendral Sudirman dan jalan Syeh Umar Dumai menjadi target pemeriksaan petugas BPOM Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Dumai.

Sejumlah makanan dan jajanan dibeli oleh petugas dan dilakukan uji sampel makanan secara langsung di lokasi pasar Ramadhan dan hasilnya petugas menemukan salah satu jajanan berupa cendol mengandung pewarna makanan yang dinilai membahayakan.

"Hari ini kita lakukan uji sampel makanan dan minuman di 2 lokasi pasar Ramadhan di Kota Dumai dan hasilnya kita menemukan salah satu jajanan yakni cendol mengandung pewarna pakaian dan sangat membahayakan untuk dikonsumsi," ujar kepala BPOM Dumai Emi Amalia.

Dikatakannya untuk penindakan sudah meminta kepada pedagang untuk tidak lagi menjual cendolnya dan pedagang sudah dengan sukarela membuang cendol dagangannya karena sangat berbahaya bagi kesehatan para konsumen nya.

"Saat ini pedagang sudah kita data dan akan terus kita pantau. Jika nanti mengulangi kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penindakan," ujar Emi seperti dikutip dari Xnewss.com.

Untuk kegiatan ini akan dilaksanakan berkesinambungan dan tidak kali ini saja. Pihaknya akan terus melakukan pemantauan sejumlah titik pasar Ramadhan di Dumai.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Faisal mengatakan kegiatan bersama dengan BPOM ini merupakan kegiatan dalam rangka pengawasan terhadap makanan dan jajanan yang ada di pasar Ramadhan.

"Untuk Dinas kesehatan sendiri juga nanti akan melakukan pemeriksaan makanan dan minuman di 15 titik pasar Ramadhan di Kota Dumai yang ada di sejumlah Kecamatan. Kita akan berkoordinasi dengan dinas terkait dalam melakukan kegiatan pengecekan makanan dan minuman yang ada di Pashar Ramadhan di Kota Dumai," terangnya.

Dirinya berharap pedagang menggunakan bahan-bahan yang aman untuk membuat makanan dan minuman yang akan dijajakan kepada konsumen sehingga kesehatan makanan yang dijaja dapat terjamin, Imbau Faisal. (R13)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index