Menteri Jokowi Ini Sesumbar Tak akan Ada Lagi Orang Miskin di Indonesia Tahun 2045

Menteri Jokowi Ini Sesumbar Tak akan Ada Lagi Orang Miskin di Indonesia Tahun 2045
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro

RIAUSKY.COM - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyebut pada 2045 Indonesia bakal menjadi negara maju. Salah satunya, yaitu terbebas dari kemiskinan.

Mantan Menteri Keuangan itu menyatakan, pihaknya mengeluarkan Visi Indonesia. Visi itu terdapat usaha dan upaya untuk mewujudkan kemiskinan 0 persen tersebut.

Adapun, upaya tersebut diantaranya, membangun infrastruktur, reformasi struktural dan birokrasi, dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"2045 kemiskinan sudah mendekati 0, ketimpangan sudah angka yang baik dan ideal, demikian pengangguran juga relatif rendah," kata Bambang saat ditemui dalam dalam Murenbangnas, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5/2019) seperti dikutip dari Suara.com.

Selain itu, tutur Bambang, pada 2045 Indonesia juga sudah naik kelas menjadi negara dari pendapatan menengah menjadi pendapatan tinggi dengan tingkat Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 7,3 triliun dolar AS.

"Indonesia bisa menjadi negara berpendapatan tinggi, negara maju kelima terbesar di dunia 2045 di bawah China, AS, India maupun Jepang, besaran PDB 7,3 triliun dolar AS, dengan pendapatan per kapita sudah diatas 25 ribu dolar AS per kapita," ucap dia.

Sebelumnya, Bambang juga meluncurkan rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Fokus RPJMN periode tersebut diantaranya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan berdaya saing membangun karakter bangsa, memperkuat ketahanan ekonomi dan pertumbuhan berkualitas.

Dengan RPJMN yang difokuskan hal tersebut, Indonesia bisa bergerak maju. Bahkan, pertumbuhan ekonomi bisa tembus 6 persen. (R01)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index