Hebat... Prayitno, Korban PHK Sukses Dirikan Desa Jamur

Hebat... Prayitno, Korban PHK Sukses Dirikan Desa Jamur
kunjungan SMKN Kehutanan ke desa jamur Prayitno
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Menjadi korban PHK  program Outsourching dari sebuah perusahan tidak membuat Prayitno (43) warga Kelurahan Simpang Tiga kecamatan Bukit Raya berputus asa. Justru pemecatan yang dialami menjadi awal keberhasilannya membudidayakan jamur dan membangun desa jamur di Kelurahan Simpang Tiga. 
 
Prayitno memulai usaha membudidayakan jamur dengan bantuan  PNPM Mandiri melalui LKM Tuah Mandiri memberikan modal untuk pembentukan desa jamur pada tahun 2013 lalu.Berkat ketekunannya kini Prayitno telah berhasil mengolah jamur menjadi berbagai aneka ragam makanan. Diantaranya Nugget Jamu, Jamur Krispi , Sate Jamur, Dodol Jamur dan lainnya.
 
Tidak hanya itu, atas keberhasilannya mengembangkan jamur. Prayitno juga sering mendapat kunjungan.  Seperti  Sabtu 09/01/2016 desa jamur yang didirikan Prayitno mendapat kunjungan dari SMK Negeri Kehutanan. 
 
Rombongan SMK Kehutanan ini di bimbing oleh Fakihudin yang merupakan guru pembimbing dari 33 Murid kelas XI untuk menambah pengetahuan mereka tentang budidaya jamur. 
 
"Kunjungan lapangan kita kali ini memiliki tujuan untuk meningkatkan unit produksi kehutanan sehingga bisa memanfaatkan serbuk kayu untuk pengembangan budidaya jamur. Diharapkan kedepannya kemampuan siswa bisa meningkat dalam budidaya jamur dan menumbuhkan jiwa berwirausaha." Ungkap Fakihudin kepada riausky.com.
 
Perwakilan siswa SMK Kehutanan Dini Dwifachrani (15) dan Jhon Michael (16) mengaku kunjungan ke desa jamur sangat menarik.  "kunjungan kali ini sangat menarik dan kita langsung turun kelapangan untuk mengetahui proses budidaya Jamur langsung dari pakarnya."Ungkap mereka sangat antusias kepada riausky.com.
 
Sementara pemilik desa jamur Prayitno mengaku senang mendapat kunjungan dari siswa SMK Negeri Kehutanan ini. Prayitno berharap dirinya bisa berbagi ilmu dengan siswa sehingga nantinya bisa dipraktekkan di tempat masing-masing.
 
"Kami sangat senang adanya kunjungan adik-adik kita dari SMK Kehutanan, dengan begini setidaknya kita bisa memberikan pengetahuan kepada adik-adik. Saat ini selain jamur kita juga sudah menyediakan baglog, bibit dan semua kebutuhan budidaya jamur. Saat ini juga tidak jarang kami menjadi  narasumber bagi kelompok yang ingin mengetahui bagaimanan budidaya jamur."Tutup Prayitno. (R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index