Kabar Buruk! Pasca Lebaran, Harga TBS Sawit di Riau Malah Turun Rp4,88 per Kilogram

Kabar Buruk! Pasca Lebaran, Harga TBS Sawit di Riau Malah Turun Rp4,88 per Kilogram
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau pada penetapan periode 12-18 Juni 2019 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah penurunan terbesar dialami oleh kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp4,88 per kilogram.

"Persentase penurunan harga TBS Sawit pekan ini mencapai 0,35 persen dari harga minggu lalu, sehingga harga TBS periode saat ini menjadi Rp1.390,86 per kilogram," kata Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Tengku Neni Mega Ayu di Pekanbaru, Selasa (11/6/2019).

Ia mengatakan, bahwa penurunan harga TBS periode ini disebabkan oleh turunnya harga jual CPO dan kernel dari hampir seluruh perusahaan sumber data.

"Ditambah lagi beberapa perusahaan tidak melakukan penjualan," ungkap Neni.

Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan sebesar Rp37,50 per kilogram, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga sebesar Rp172,72 per kilogram, dan Asian Agri Group mengalami penurunan sebesar Rp36,93 per kilogram dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan sebesar Rp9,09 per kilogram, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp16 per kilogram dari harga minggu lalu. (R05/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index