Seru! Beli Buah Tapi Langsung Dipetik dari Pohonnya di Melati Garden Pekanbaru

Senin,17 Juni 2019 | 10:20:33 WIB
Seru! Beli Buah Tapi Langsung Dipetik dari Pohonnya di Melati Garden Pekanbaru
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kini telah hadir di Pekanbaru, sensasi unik yaitu membeli buah segar, dimana pembeli bisa petik langsung dari pohonnya. 

Cara menjual buah seperti ini terdapat di Melati Garden Jalan Melati, Garuda Sakti KM3 Pekanbaru.

Pemilik Melati Garden, Sanusi Hitoru mengatakan bahwa dengan menerapkan cara pembeli seperti ini akan memberikan efek positif kepada pembeli. 

Karena pembeli akan mendapatkan buah segar yang langsung matang dari pohonnya tanpa diperam walau hanya sehari.

“Nilai plusnya ya pembeli bisa menikmati buah segar langsung yang di petik sendiri dari pohon,” tutur Sanusi, Minggu (16/6).

Sanusi kemudian mengajak petani untuk tidak berpuas diri hanya sebatas budidaya pertanian saja. Namun terapkanlah 3 simpul, yakni budidaya, pengolahan dan pemasaran.

Kalau petani hanya bergerak dibidang budidaya itu hanya mendapatkan keuntungan 10% saja, sedangkan di pengolahan akan mendapatkan 30% keuntungan dan di pemasaran akan mendapat 20% pemasaran. 

Berarti keuntungan jika menjalankan 3 simpul itu adalah 60%, lanjut Sanusi. “Sangat rugi petani jika tidak menjalankan 3 simpul itu,” sebutnya.

Untuk mendapatkan buah segar, Sanusi menggunakan Intagrated Farming System (IFS) dalam pengolah kebun buahnya. 

IFS  adalah sistem yang menggabungkan kegiatan pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan dan ilmu lain yang terkait dengan pertanian dalam suatu lahan, sehingga diharapkan dapat sebagai salah satu solusi bagi peningkatan produktivitas lahan.

“Dengan menggunakan sistem ini tidak ada yang terbuang dari lahan, semua bisa diolah untuk dapat digunakan lagi,” tutup alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) itu. 

Di lahan yang disediakan tersebut terdapat beberapa macam tanaman yakni pepaya berbagai jenis, jambu kristal, jambu madu, kelengkeng, merica dan jahe. (R06/MCRiau)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS