Kabar Buruk! Harga TBS Sawit di Riau Kembali Turun

Rabu,19 Juni 2019 | 09:08:49 WIB
Kabar Buruk! Harga TBS Sawit di Riau Kembali Turun
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Rapat penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) di kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHBun) Provinsi Riau, Selasa (18/6), menetapkan harga TBS untuk satu pekan ke depan (19-25 Juni 2019) menjadi Rp 1.378,23/Kg.

Harga tersebut khusus untuk kelompok umur 10-20 tahun. Artinya terjadi penurunan harga sebesar Rp 12,64/Kg dari pekan lalu.

Dilansir dari Tribun, Kasi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan DTPHBun Provinsi Riau, Tengku Neni Mega Ayu mengatakan, pnurunan harga TBS periode 19 – 25 Juni 2019 juga terjadi pada setiap kelompok umur kelapa sawit Riau.

Dengan jumlah penurunan terbesar dialami oleh kelompok umur 10 - 20 tahun mencapai 0,91 persen dibanding pekan lalu.

Faktor internal yang menyebabkan penurunan harga TBS periode satu pekan ke dapan, karena pengaruh turunnya harga jual CPO dan kernel dari hampir seluruh perusahaan sumber data.

Harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan sebesar Rp 36,90/Kg, harga jual Astra Agro Lestari Group sama dengan minggu lalu sebesar Rp 6.372,73/Kg, dan Asian Agri Group mengalami penurunan sebesar Rp 35,17/Kg dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan sebesar Rp 63,63/Kg, dan Asian Agri Group mengalami penurunan sebesar Rp 80,00/Kg dari harga minggu lalu.

Untuk faktor eksternal penurunan harga TBS, pekan ini dipengaruhi oleh melemahnya kinerja ekspor CPO terutama tujuan Uni Eropa dan India.

Kedua negara itu merupakan tujuan utama CPO Indonesia dan Malaysia. Bila permintaan dari keduanya melemah, maka akan sangat berpengaruh terhadap keseimbangan fundamental.

Serapan pasokan yang rendah akan membuat inventori minyak sawit kian menumpuk. Jika stok CPO semakin menumpuk maka harga jual akan semakin jatuh. (R05)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS