Tahniah, Hari Jadi Ke-235 Kota Metropolitan Pekanbaru

Selasa,25 Juni 2019 | 14:33:49 WIB
Tahniah, Hari Jadi Ke-235   Kota   Metropolitan   Pekanbaru
Ket Foto : Ket Foto : Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi disaksikan jajaran pemerintah kota, Forkopimda memotong tumpeng Hari jadi Pekanbaru Ke-235.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Tepat pada Ahad (23 Juni 2019) Kota Pekanbaru genap berusia 235 tahun.  Umur yang tidak muda lagi untuk sebuah kota dengan beraneka ragam kemajuan yang melingkupinya dari waktu ke waktu.

Dari sebuah kota kecil, Pekanbaru tumbuh menjadi kota Metropolitan yang diperhitungkan di seluruh negeri. 

Kemajuannya yang demikian pesat menyebabkan, kota yang dulunya hanya berpenduduk ratusan ribu saat ini sudah menjejakkan kaki di angka 1,2 juta penduduk dengan berbagai dinamikanya. 

Dari kota yang awalnya berpusat di tepian Sungai Siak, kini tumbuh dan berkembang hingga ke ceruk-ceruk kampung dan menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakatnya.

Di kota ini, semua orang menggantungkan harapan hidup dan menjadikannya sebagai urat nadi perekonomian untuk Provinsi Riau. 

Pekanbaru juga menjadi landmark untuk Provinsi Riau yang membanggakan dan akan terus tumbuh dan berkembang hingga beratus-ratus tahun yang akan datang. 

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi dan sejumlah pimpinan OPD melaksanakan ziarah kubur para pendiri Kota Pekanbaru.

 

Semua ini akan menjadi sejarah yang akan terekam dalam perkembangan Kota Pekanbaru di masa yang akan datang. 

Karena itulah, Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi dalam upacara peringatan Hari jadi Kota Pekanbaru Ke-235 yang dilaksanakan di Kompleks Perkantoran Pemko Pekanbaru di Tenayan Raya yang juga dihadiri puluhan tokoh masyarakat,  mengajak semua masyarakat untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wataala atas hari jadi yang sudah menginjakkan usia 235 tahun ini. 

Dihadapan Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Muhammad Fadjar, Mantan Plt. Wali Kota Pekanbaru, Edwar Sanger, Kapolresta Pekanbaru Dandim 0301/PBR, Letkol Inf Andri Sulistiwan. Kadispers Lanud RN Pekanbaru, Letkol Pnb Dedi Supriyanto dan jajaran Forkopimda, juga tokoh masyarakat yang hadir, Ayat menjelaskan tentang sejarah perkmebangan Pekanbaru dari masa ke masa. 

Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi berdoa bersama jajaran pimpinan OPD saat ziarah makam.

 

Dari sebuah Pekan (pasar) di tepian Sungai Siak bertumbuh menjadi kota yang disegani di Indonesia. 

''Dalam kesempatan ini, saya mengajak semua kita untuk memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT dan terima kasih dan mendoakan  seluruh pendahulu negeri yang telah berkontribusi besar dalam ikut menjaga dan mengawal maju dan berkembangkan Kota Pekanbaru ini.Semoga ke depan, kota ini akan terus berkembang menjadi kota yang maju dan lebih maju lagi,'' ungkap Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi yang menjadi pembina Upacara pada hari bersejarah itu. 

Ayat juga memotivasi semua warga kota, untuk berperan serta aktif dalam mendukung tumbuh kembang kota Pekanbaru. 

Salah satu gagasan yang diungkapkan Ayat adalah menjadikan Pekanbaru sebagai Kota Cerdas. Kecerdasan tersebut, lanjut Ayat bukan saja secara fisik, namun juga jasmani maupun rohani. 

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi menjadi pembina Upacara HUT Pekanbaru Ke-235 di kompleks Perkantoran Tenayan Raya.

Dengan masyarakat yang cerdas ini juga, Ayat optimis, Pekanbaru akan terus menjadi barometer perkembangan, pertumbuhan, bukan saja di wilayah Riau, namun juga menjadi contoh dari tumbuh kembang kota di negeri tercinta. 

''Selamat Ulang Tahun Pekanbaru Ke-235, semoga terus maju dan berkembang dan menjadi kebanggaan bagi semua,'' imbuh Ayat.

Dalam amanatnya selaku  pembina upacara, ayat juga menyampaikan sejumlah keberhasilan  program pembangunan di Kota Pekanbaru, di antaranya dalam meningkatkan jumlah investasi masuk dan meningkatkan sistem pelayanan masyarakat, penyediaan prasarana pendidikan dan kesehatan yang tersebar merata di seluruh daerah, termasuk dalam membuka akses pembangunan hingga ke penjuru wilayah Pekanbaru. 

Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus ikut turun ke Sungai Siak membersihkan dari encang gondok.

Keberhasilan itu tidak muncul begitu saja, namun atas kerja keras, dan dukungan semua pihak dalam mewujudkannya. 

Peran para pendahulu, wali kota, DPRD, tokoh masyarakat, partisipasi rakyat dalam mendukung program pemerintah, kinerja aparatur pemerintah, menjadi kunci dari keberhasilan pembangunan yang dirasakan saat ini. 

Tak hanya di kompleks perkantoran tenayan Raya, dalam pidato khususnya bersempena HUT Pekanbaru Ke-235 di gedung Lancang Kuning DPRD Pekanbaru, Ayat juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat, termasuk DPRD dalam ikut mendukung program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah Kota Pekanbaru. 

Ayat menjelaskan sejumlah keberhasilan pembangunan yang sudah diraih, diantaranya Pekanbaru sebagai kota tujuan investasi terbaik di Indonesia, juga keberhasilan menyediakan sarana dan prasarana penunjang kebutuhan publik seperti jalan, jembatan, rumah sakit, puskesmas, sekolah-sekolah dan sarana pendidikan yang tumbuh dan berkembang seiring dengan pertumbuhan pendudukan dan kebutuhan masyarakat. 

Ayat tidak menafikan perihal beberapa permasalahan diantaranya banjir yang terjadi di beberapa wilayah yang disebabkan juga oleh terus semakin menggeliatnya pembangunan di Kota Pekanbaru. 

Wali Kota Pekanbaru Firdaus ST MT memimpin apel bersih-bersih Sungai Siak di kompleks rumah Tuan Kadi di Senapelan.

''Kita akan benahi. Kita akan konkritkan dalam program penanggulangan banjir Kota Pekanbaru tahun 2020 ini dan kita berharap prosesnya sudah terancang dalam pembahasan APBD Perubahan 2019 ini,'' harap dia. 

Ayat juga menjelaskan, untuk mendukung penanganan banjir, pihaknya sudah bersinergi dengan Pemprov Riau. Pak Gubernur juga sudah memberikan dukungan untuk penangana banjir ini. Kita ingatkan, Satker terkait untuk membangun sinergi dalam merancang lankah-langkah konkrit apa yang akan dilakukan. 

Ayat juga menjelaskan perihal kemajuan Pekanbaru beberapa langkah lebih jauh dalam bidang pelayanan yang diwujudkan dengan kehdiran Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru di eks kantor Wali Kota Pekanbaru. 

Ini, disebutkan ayat merupakan sebuah terobosan besar dalam memberikan kemudahan pada masyarakat, baik untuk pelayanan umum, investasi dan dunia usaha tanpa dibebani dengan sulitnya proses birokrasi dan kecepatan pelayanan. 

Upaya-upaya ini, lanjut dia berkontribusi besar untuk meningkatkan penerimaan daerah yang digunakan untuk membangun daerah. 

Saat ini, sebut Ayat, Pemko sudah berhasil meningkatkan pendapatan dan belanja daerah hingga Rp2,6 triliun per tahun. Itu semua, berkat kerja keras dan kesungguhan dari seluruh jajaran pemerintah untuk mewujudkannya. 

 

Ziarah ke Makam Pendiri Kota

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari jadi Pekanbaru dilakukan dalam beberapa agenda, diantaranya berziarah ke makam para pendiki kota. 

Kegiatan ini diikuti Wakil Walikota Pekanbaru H.Ayat Cahyadi,Ssi bersama sejumlah pejabat Pemko Pekanbaru dengan  melakukan ziarah ke makam pendiri Kota Pekanbaru tempat samping kompleks  Masjid Raya Senapelan pada Ahad (23/06/19). 

Ayat Cahyadi yang didampingi Istrinya, sama pejabat pemko memanjatkan doa untuk para leluhur dan pendiri kota pekanbaru di lokasi tempat yang diziarahi. Ayat Cahyadi mengatakan ini merupakan sebagai penghormatan pada mereka dan mendoakan para leluhur kita yang sudah berjuang untuk Pekanbaru,”ujar Ayat.

Setelah melakukan ziarah, Wakil Walikota Pekanbaru dan rombongan langsung menuju kantor DPRD Kota Pekanbaru melakukan Rapat paripurna dalam rangka hari jadi Kota Pekanbaru ke-235.

 

Aneka Aksi Sosial Bersama Masyarakat

Bersempena Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke-235, sejumlah aksi sosial dan kegiatyan bersama masyarakat juga dilaksanakan.

Diantaranya, aksi bersih-bersih Sungai Siak yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Pekanbaru, Dr Firdaus ST MT dan ratusan masyarakat juga aparat kepolisian dan TNI. 

Aksi bersih-bersih ini dilaksanakan untuk mewujudkan kawasan di tepian Sungai Siak sebagai kawasan bersih dan rapi, mengingat, sejarah perkembangan Kota Pekanbaru tidak terlepas dari Sungai Siak sebagai urat nadi kehidupan masyarakat baik dahulu maupun hingga saat ini. 

Aksi bersih Sungai Siak, sebut Wali Kota dua periode ini, juga sebagai bentuk  dukunganya terhadap program nasional Indonesia Bersih dicanangkanya menteri pada beberapa waktu lalu. Maka, sukses program ini harus didukung oleh provinsi yang bersih, maka Kota Pekanbaru ambil bagian. 

Sungai Siak dilanjutkan dia, memiliki fungsi strategis bagi Kota Pekanbaru, namun diketahu saat ini berada dalam kondisi prihatinkan. Sungai Siak dalam kondisi kritis, karena pendangkalannya, tingginya indeks pencemaran.

Salah satu, yang mencemari Sungai Siak adalah sampah organik dan non organik serta tumbuhan air  seperti eceng gondok. Begitu juga sampah terbuang di sungai tersebut dikarena kurangnya dari kepeduliannya masyarakat. Bahkan, ada pencemarannya diakibatkan dari limbah perusahaan sekitaran tersebut.

Aksi bersih-bersih di Sungai Siak  dimulai dari Masjid Nurul Iman dan kompleks rumah Tuan Kadi yang dipimpin langsung Walikota dengan terjun membersihkan enceng gondok  menggunakan perahu karet Basarnas.


Donor Darah di Kantor Wali Kota

Sebagai bentuk kepedulian dan aksi berbagi, ratusan pegawai di lingkungan Pemko Pekanbaru juga melaksanakan aksi sosial donor darah bersempena HUT Pekanbaru Ke-235. 

Kegiatan ini sempat ditinjau oleh Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi dan Sekdako Pekanbaru M Noer MBS. 

Puluhan kantong  darah juga terkumpul dalam acara ini.Rencananya, darah ini akan diserahkan kepada PMI untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.


Pesta Pekanbaru Hebat di Tampan

Perayaan hari jadi Pekanbaru juga dibuat meriah dengasn gelaran Pesta Rakyat hebat yang dipusatkan di lapangan Buluh Cina  Jalan Garuda Sakti Kelurahan Tuah Madani  Kecamatan Tampan, Ahad(16/6/2019).

Kegiatan ini diisi dengan gelaran jalan santai berhadiah, senam pagi berhadiah doorprize seperti mesin cuci ,kulkas, sepeda dan lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT didampingi Sekdako Pekanbaru Drs H M Noer, para Kepala Dinas, para Asisten, para Kepala Badan, Kepala Bagian Seketaris Daerah Kota Pekanbaru, Kapolsek Tampan, Lurah-Lurah Kecamatan Tampan, Babinsa 9 Kelurahan, Bhbinkamtibmas 9 Kelurahan, LPM Kecamatan, Oms Kecamatan, Ketua Furum RT/RW Kecamatan, Ketua TP PKK, Ketua  BKMT dan Permata serta Ribuan Masyarakat Kecamatan Tampan.

 

Dragon Boat dan Free Climbing di Sungai Siak

Beberapa giatan lomba juga dilaksanakan memeriahkan hari jadi Pekanbaru Ke-235, salah satunya adalah kompetisi dayung (Dragon Boat Competition) dan free climbing (panjat tebing) di Sungai Siak. 

Kegiatan ini diikuti puluhan tim dari bernagai daerah dari kalangan pelajar, masyarakat dan mahasiswa terhitung tanggal 21, 22 dan 23 Juni 2019 lalu. 

Kegiatan ini, seperti diungkapkan Ketua KONI Pekanbaru, Anis Murzil dilaksanakan untuk ikut memeriahkan hari jadi Pekanbaru, selain dengan tujuan lomba, juga untuk ikut memberikan kebahagiaan, rekreasi pada masyarakat kota dengan mengambil spot di aliran Sungai Siak.(advertorial/Humas Pemko Pekanbaru)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS