Puncak HUT Riau, Gubri dan Wagubri akan Kenakan Pakaian Adat

Puncak HUT Riau, Gubri dan  Wagubri akan Kenakan Pakaian Adat

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Provinsi Riau akan jatuh pada tanggal 9 Agustus 2019, Jumat lusa. Segala persiapan maupun konsep perayaan HUT yang mengusung tema 'Riau Hijau dan Bermartabat' ini telah dimatangkan dan tinggal menunggu pelaksanaan.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sendiri sengaja memilih tema 'Riau Hijau dan Bermartabat' dengan tujuan untuk mengetuk hati semua masyarakat Riau supaya memiliki kepedulian terhadap pembangunan berwawasan lingkungan.

"Berbagai macam kejadian kebakaran hutan dan lahan, adanya harga karet dan sawit rendah di Riau selalu dikaitkan ekonomi global yang sekarang menyoroti isu lingkungan. Makanya kita juga harus mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan itu, karena bagaimanapun ya sekarang di berbagai negara mereka sangat memperhatikan lingkungan dalam hal pembangunan dan memakmurkan rakyatnya," kata Syamsuar didampingi Wagubri, Edi Natar Nasution di Kantor Gubernur Riau, Rabu (7/8/2019).

Pria yang akrab disapa Syam ini juga mengatakan, bahwa perayaan dan pelaksanaan upacara hari jadi Riau ini akan berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya. Diantaranya seperti saat upacara nanti, Gubri dan Wagubri akan mengenakan pakaian adat lengkap sebagai Datuk Seri Setia Amanah dan Datuk Seri Timbalan Setia Amanah.

"Nanti pada waktu upacara, kami berpakaian lengkap sebagai Datuk Seri Setia Amanah. Pakaian yang telah diberikan kepada kami sewaktu diberi gelar adat ini, kalau tidak kami pakai, kapan lagi akan kami pakai? Tentu waktu momen upacara hari jadi seperti ini bisa kita pakai," ungkapnya.

Perbedaan yang kedua, lanjut Syam, bupati dan walikota tahun ini akan melaksanakan upacara di daerahnya masing-masing. Sebagai gantinya, para wakil kepala daerah lah yang akan mengikuti upacara hari jadi di Kantor Gubernur Riau.

"Mereka (kepala daerah, red) berada di daerahnya masing-masing karena mereka juga mengadakan serangkaian kegiatan yang biasanya diawali di upacara. Tahun ini kita ubah, Wakil Bupati atau Wali Kota yang akan menghadiri acara puncak yang ada di sini (Kantor Gubri, red)," jelasnya.

Selebihnya, rangkaian kegiatan lainnya masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni ramah tamah dengan Purnawirawan TNI Polri dengan Wiradatama, Veteran serta sidang istimewa di DPRD Riau. (R07/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index