KPK OTT Orang Kepercayaan Anggota DPR, Fadli Zon Bilang Begini

KPK OTT Orang Kepercayaan Anggota DPR, Fadli Zon Bilang Begini
Fadli Zon

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - KPK mengamankan orang kepercayaan anggota DPR dalam operasi tangkap tangan (OTT) dugaan suap impor bawang putih. Wakil Ketua DPR Fadli Zon menunggu keterangan lanjutan dari KPK soal OTT.

"Nanti kita tunggulah perkembangan selanjutnya sampai sejauh mana, apa yang terjadi. Nanti setelah ada pengumuman resmi, kita lihat," kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Fadli mengaku baru mengetahui kabar OTT KPK terhadap 11 orang termasuk orang kepercayaan anggota DPR dari pemberitaan media. Namun, menurut Fadli, perkara suap itu urusan pribadi.

"Saya kira ini kan urusannya sebetulnya bukan urusan konstitusional, tapi urusan individual. Kita tidak bisa membatasi yang urusan individual itu kecuali hanya mengimbau saja. Jadi bukan yang bersifat institusional baik itu DPR, termasuk Komisi VI," katanya seperti dilansir dari Detik.com.

Fadli lantas mengkritik praktik impor bawang yang selama ini dinilai bermasalah. Menurutnya, banyak 'mafia' yang mencari keuntungan dari kebijakan impor.

"Kalau menurut saya impor-impor ini banyak masalah. Karena di dalam tiap impor itu seringkali terjadi perburuan renten. Perburuan rente itu terkait harga yang memang disparitasnya cukup tinggi dan menurut saya ini yang sebenarnya kami sangat sayangkan. Impor bawang sendiri kan memukul petani bawang kita, apalagi di saat panen," imbuhnya.

KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terkait dugaan suap rencana impor bawang putih. KPK menduga duit suap itu ditujukan untuk salah satu anggota DPR dari Komisi yang bertugas di bidang perdagangan.

"Uang diduga rencana diberikan untuk seorang anggota DPR-RI dari Komisi yang bertugas di bidang perdagangan, perindustrian, investasi," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Kamis (8/8). (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index