Warga di Delapan Desa di Rambah Hilir-Rohul Cegah Kanker Serviks

Warga di Delapan Desa di Rambah Hilir-Rohul Cegah Kanker Serviks
Kepala Puskesmas Rambah Hilir I-Rohul, Kus Aedy SKM,  saat melihat peserta pemeriksaan kanker serviks. 

RAMBAH HILIR (RIAUSKY.COM) - Kepala Puskesmas Rambah Hilir I Kabupaten Rokan Hulu Kus Aedy SKM bersama petugas medis, memberikan sosialisasi terhadap bahayanya penyakit kanker serviks bagi kaum perempuan. 

Sosialisasi sekaligus pencegahan dini penyakit kanker serviks terhadap kaum ibu dan pelaksanaan tes iva,  dilakukan oleh petugas medis Puskesmas Rambah Hilir I terhadap ibu-ibu dari delapan desa yang menjadi binaan Puskesmas Rambah Hilir I. 

Secara resmi,  kegiatan pencegahan dini kanker serviks dan pemeriksaan iva bagi ibu-ibu itu,  dibuka oleh Kepala Puskesmas Rambah Hilir I Kabupaten Rokan Hulu Kus Aedy SKM, Kamis (08/08) yang digelar di Komplek Puskesmas Rambah Hilir I. 

"Kegiatan pencegahan dini kanker serviks dan tes iva ini, difasilitasi juga oleh penggerak PKK tingkat Desa di Rambah Hilir. Ibu-ibu melakukan pemeriksaan iva di Puskesmas. Hasilnya akan dapat diketahui secara langsung," papar Kus Aedy menjelaskan. 

Pemeriksaan dan deteksi dini kanker serviks bagi kaum ibu-ibu, lanjut Kus Aedy, minimal dilakukan 1 kali dalam 1 tahun. Petugas medis akan memberikan pengobatan, bila  ibu-ibu terkena gejala kanker serviks. Pencegahan dini akan lebih baik, bila dibandingkan dengan pengobatan. Sebelum terkena gejala kanker serviks,lebih baik dilakukan deteksi dini. 

Dijelaskan Kus Aedy, dari penelitian yang dilakukan secara nasional,  pada tahun 2018 lalu, lebih dari 50 kaum ibu meninggal akibat penyakit kanker serviks. Khusus di Rambah Hilir, sejauh ini belum ada kaum ibu yang meninggal akibat penyakit kelamin perempuan itu. (R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index