Disebut Mahfud MD TNI Kecolongan Soal Enzo, KSAD Jawab Begini

Disebut Mahfud MD TNI Kecolongan Soal Enzo, KSAD Jawab Begini
Enzo Zenz Allie, calon prajurit taruna akademi TNI yang diterpa isu terkait dengan organisasi terlarang HTI

RIAUSKY.COM - Mahfud MD menyebut institusi TNI kecolongan gegara Enzo Zenz Allie, calon prajurit taruna akademi TNI yang diterpa isu terkait dengan organisasi terlarang HTI. Bagaimana tanggapan pimpinan TNI AD terkait tudingan tersebut?

KSAD, Jenderal TNI Andika Perkasa, menjelaskan setelah ini pihaknya akan melakukan pemeriksaan saintifik ke seluruh calon prajurit taruna akademi TNI, termasuk Enzo. Upaya ini dilakukan untuk membuktikan berbagai tudingan ke Enzo.

"Jadi Angkatan Darat akan melakukan suatu pemeriksaan yang lebih saintifik, lebih ilmiah, menggunakan parameter yang sudah teruji untuk melihat dirinya, bukan orangtuanya, bukan siapa, karena kita ingin obyektif," jelasnya.

Hal itu disampaikan Andika kepada wartawan usai menjadi pembicara dalam penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di Lapangan Grha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (9/8/2019).

Andika menuturkan, pihaknya ingin proporsional dalam memeriksa calon prajurit taruna akademi TNI, termasuk Enzo. Upaya ini dilakukan untuk mencari fakta sebenarnya. Pihaknya tak ingin mengadili seseorang namun tanpa disertai bukti yang cukup.

"Jadi kita ingin proporsional, kita ingin ilmiah, karena semuanya harus dipertanggungjawabkan," ungkapnya.

Kini pihak TNI masih menunggu proses pemeriksaan berbasis saintifik yang akan diterapkan ke calon prajurit taruna akademi TNI. Setelah hasil pemeriksaan keluar pihak TNI akan mengambil tindakan yang diperlukan.

"Itu (keputusan akhir) kita lihat nanti setelah ada hasilnya dulu. Rencananya dalam waktu dekat, sehari-dua hari ini kita akan lakukan itu (pemeriksaan saintifik). Bukan hanya kepada dia, tetapi kepada semua yang ada di sana (Akmil)," pungkas dia.

Diberitakan sebelumnya, nama Enzo belakangan menuai kontroversi karena yang bersangkutan dikaitkan dengan HTI. Terkait hal tersebut, Mantan Ketua MK Mahfud MD menuding institusi TNI kecolongan.

"(TNI) kecolongan menurut saya," kata Mahfud kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat (9/8/2019).

"TNI itukan lembaga yang dikenal ketat ya, dikenal ketat tahu rekam jejak, kakeknya (Enzo) siapa, kegiatannya apa, ternyata ini lolos di Akmil. Sampai diberi penghargaan kehormatan khusus oleh Panglima, diajak wawancara khusus," lanjutnya. (R02)

Sumber: Detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index