Usai Tol Pekanbaru - Dumai, Pemprov Tindaklanjuti Kelanjutan Rail Way

Usai Tol Pekanbaru - Dumai, Pemprov Tindaklanjuti Kelanjutan Rail Way

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus bersolek dengan pengembangan infrastrukturnya. Setelah progres Tol Pekanbaru-Dumai, kini kelanjutan pengembangan rail way yang akan digesa proses dan tahapannya.

Untuk memastikan hal tersebut, Gubernur Riau Syamsuar telah menginstruksikan Dinas Perhubungan untuk kembali berkoordinasi dengan Kementerian terkait. Sehingga dapat diketahui progresnya, tahapan dan kendala terkait rencana kelanjutan pembangunan rail way tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Taufiq OH mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait.

“Sudah kita koordinasikan, Pak Gub sudah memerintahkan kepada kami untuk melakukan koordinasi kembali dengan kementerian terkait mengenai pembangunan rel kereta api di daerah Riau,” paparnya, Minggu (25/8).

Selain progres dan tahapan, pihaknya juga mempersiapkan untuk mencarikan solusi pada kendala teknis. Dimana beberapa persoalan yang mungkin dihadapi adalah masa Penetapan Lokasi (Penlok) sudah habis untuk wilayah Dumai. Sementara pembebasan lahan masyarakat belum rampung.

Ditambah lagi proses anggaran untuk pembebasan lahan menjadi tanggung jawab pihak kementerian terkait. Untuk itu dilakukan sinergitS dan koordinasi bersama pihak-pihak terkait di tingkat pusat.

Poin ini dikarenakan, pengembangan rail waymerupakan salah satu proyeksi strategis nasional. Diharapkan dengan sinergitas tersebut, langkah pengembangan rail way di Riau dapat berjalan dan mendukung pengembangan infrastruktur daerah. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index