BBKSDA Riau akan Lepas Liarkan Buaya Masuk Kampung di Siak

BBKSDA Riau akan Lepas Liarkan Buaya Masuk Kampung di Siak

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmantoro mengatakan bahwa Rabu, (4/9/19) pagi Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau mendapat laporan bahwa ada seekor Buaya naik ke darat di pemukiman penduduk, tepatnya di dekat SD 04 Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak.

Setelah menerima informasi tersebut, tambahnya, Balai Besar KSDA Riau langsung menurunkan timnya ke lokasi dan saat sampai di lokasi, Buaya telah ditangkap oleh petugas damkar dan ditempatkan di kantor Dinas Damkar. Akhirnya Dinas Damkar melakukan serah terima kepada petugas Balai Besar KSDA Riau pada hari yang sama.

Jenis Buaya tersebut adalah Buaya Muara _(Crocodylus porosus)_ dengan panjang 2,5 meter lebar 50 cm dan jenis kelamin jantan.

"Kemungkinan besar satwa mengalami dislokasi atau tersesat sehingga naik ke daratan. Habitat umumnya berada di dekat muara sungai yang berbatasan langsung dengan lautan dan jika buaya terus berenang ke hulu maka biasanya mengalami dislokasi," terangnya.

Satwa langsung diamankan di kantor Bidang KSDA Wil 2 untuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono menyampaikan terima kasih atas kerjasama Dinas Damkar yang telah sigap dalam melakukan tindakannya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index