Jangan Lupa! Malam Ini Ada Fenomena Menarik, Saturnus Bersembunyi di Balik Bulan

Jangan Lupa! Malam Ini Ada Fenomena  Menarik, Saturnus Bersembunyi di Balik Bulan
Daftar okultasi Saturnus berdasarkan wilayah

RIAUSKY.COM - Bagi kalian yang menggemari keindahan alam, khususnya astronomi, bersiaplah! Malam ini, Minggu (8/9/2019) akan ada Saturnus bersembunyi di balik Bulan.

Fenomena ini dijelaskan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebagai Okultasi Saturnus. Okultasi sendiri diartikan peristiwa astronomis ketika sebuah benda langit tampak dlintasi benda langit lainnya berdasarkan sudut pandang pengamat.

"Okultasi terjadi ketika objek berukuran relatif lebih besar menutupi atau melintas di depan objek yang berukuran lebih kecil jika diamati dari Bumi," kata LAPAN di akun Twitter miliknya.

Lebih lanjut lagi, LAPAN memaparkan Saturnus cukup untuk diamati langsung secara bersamaan dengan Bulan sehingga peristiwa ketika planet bercicin ini menghilang di balik permukaan Bulan akan dapat diamati tanpa instrumen tambahan.

Perlu jadi perhatian bagi yang tertarik untuk menyaksikan kejadian alam ini, agar mencari posisi kedua objek tersebut di langit. Kedua benda langit ini cukup mudah dikenali. Artinya, tidak ada kesulitan untuk mencari posisi keduanya.

"(Fenomena alam ini) dapat diamati di wilayah Pulau Jawa, Papua, Kalimantan Selatan, dan wilayah di sekitarnya," kata LAPAN.

Dalam informasi yang disampaikan LAPAN, sebagian masyarakat Indonesia bisa menikmati detik-detik Saturnus 'dilahap' Bulan yang ada di depannya. (R01)

Sumber: Detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index