Dahsyat! Begini Penampakan Fenomena Alam Tornado Api yang Bakar Lahan Pertanian Warga

Dahsyat! Begini  Penampakan Fenomena Alam Tornado Api yang Bakar Lahan Pertanian Warga
Tornado api menerjang Brasil (Foto: Mirror)

RIAUSKY.COM - Pemandangan alam mengerikan yang langka tersaji di Brasil. Tornado api melalap lahan pertanian yang kosong, tepatnya di pinggir Jalan Tol GO-210 Santa Helena de Goias.

Fenomena alam ini terekam kamera telepon genggam pengguna jalan, api meliak-liuk seperti layaknya angin tornado yang melaju, meskipun kecepatannya rendah.

Dalam tayangan tampak api menyala memancarkan sinar oranye dan berputar-putar di porosnya dengan kecepatan tinggi. Asap hitam tebal membumbung ke udara, dihasilkan dari tanaman yang terbakar.

Media lokal Aporrea, mengutip pernyataan pemadam kebakaran setempat, melaporkan, ketinggian tornado api itu mencapai lebih dari 80 meter dan sangat membahayakan.

Bahkan warga setempat mengatakan, terjadi beberapa kali ledakan dari pusat pusaran saat tornado api melewati air.

Meski demikian api berhasil dijinakkan oleh petugas pemadam kebakan setempat.

Peristiwa ini terjadi pada Selasa (10/9/2019), namun tornado api kembali terlihat di lokasi tak terpaut jauh yakni di Jalan Tol GO-235.

Pakar meteorologi di Institut Meteorologi Sao Paulo mengatakan, tornado api merupakan fenomena alam sangat langka. Fenomena ini terjadi ketika suhu tinggi, tiupan angin kencang, tanah kering, dan kelembaban udara rendah bertemu di satu tempat.

Formasi putaran yang cepat berkontribusi membuat api semakin besar karena ketersediaan oksigen. (R03)

Sumber: iNews.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index