Tinjau Karhutla di Pelalawan-Riau, Jokowi: Kalau Sudah Kejadian, Sulit Memadamkannya...

Tinjau Karhutla di  Pelalawan-Riau, Jokowi: Kalau Sudah Kejadian, Sulit Memadamkannya...
Presiden Jokowi meninjau lokasi kebakaran hutan di Riau. (foto: Biro Pers Setpres)

RIAUSKY.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Merbau Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan Riau, Selasa (17/9/2019). 

Dalammkunjungannya, Jokowi menegaskan pentingnya menjaga komitmen agar karhutla tak terjadi lagi.

"Saya tanya tadi TNI/Polri yang ada di sini sudah berapa hari, sudah lebih dari 1 bulan. Kalau sudah kejadian sulit memadamkannya apalagi di daerah gambut seperti sekarang ini, lebih sulit lagi, kelihatan sudah padam bawahnya (tapi) apinya masih menganga," ujar Jokowi dikutip dari setkab.go.id, Selasa (17/9/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menegaskan, tindakan hukum bagi pelaku karhutla, ditangani baik Polri maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Nanti kita lihat sebetulnya ini kesengajaan yang terorganisasi atau memang rakyat yang ingin berkebun. Kalau kita lihat luasnya, besar sekali, ini terorganisasi. Nanti Polri coba ditanyakan ke Pak Kapolri penanganannya secara detail," jelas Jokowi.

Jokowi kembali mengingatkan agar Desa, Camat, Bupati, Babinsa, Babinkamtibmas, Polsek, Koramil melakukan pencegahan apabila ada karhutla. Sebab, apabila sudah kejadian ada api di satu titik maka akan susah memadamkannya.

"Ini termasuk masih mudah, banyak lapangan-lapangan yang lebih sulit dari ini," ucap dia.

Saat meninjau karhutla di Riau, Jokowi didampingi Menko Polhukam Wiranto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BNPB Doni Monardo, dan Gubernur Riau Syamsuar. (R07)

Sumber: Liputan6.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index