Gara-gara Asap Tebal Buat Etape III Tour de Siak Dibatalkan

Gara-gara Asap Tebal Buat Etape III Tour de Siak Dibatalkan

Etape III Balap Sepeda Tour de Siak 2019 dengan rute Siak-Dayun-Buatan-Siak yang berlangsung hari ini, Sabtu (21/9), terpaksa dibatalkan karena wilayah sekitar diselimuti asap tebal | ISTIMEWA


RIAUSKY.COM - Sekitar 54 pembalap dari 11 tim harus menyudahi etape III Balap Sepeda Tour De Siak 2019 lebih cepat. Panitia penyelenggara terpaksa menyudahi pertandingan karena kondisi asap tebal yang menyelimuti rute Siak-Dayun-Buatan-Siak, Sabtu (21/9).

Balapan sendiri sudah berjalan hingga 20 kilometer, sebelum akhirnya Direktur Pertandingan Tour de Siak, Sondi Sampurno, mengambil keputusan untuk menghentikan balapan setelah sempat berdiskusi dengan Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI).

"Karena kondisi, sebelum dokter memperingatkan saya ambil keputusan. Paling tepat menghentikan lomba ini. Saat belum ada yang memimpin karena masih dalam rombongan besar, paling delapan yang mimpin," kata Sondi dikutip Antara.

Awalnya etape III ini dijadwalkan berlangsung padasiang hari. Tapi berdasarkan kondisi cerah pada hari Jumat (20/9), maka balapan hari Sabtu (21/9), dilepas pagi menjelang siang. Namun, ternyata justru asap lebih pekat pada pagi dan siang.

"Ini kejadian di luar kemampuan kita, kebakarannya bukan di sini tapi asapnya ke sini. Kita tidak bisa berbuat apa-apa. Padahal kemarin udaranya baik, makanya ingin pagi tapi ternyata begini," tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa yang dibatalkan hanya etape III saja, dan poin di dua etape sebelumnya juga tidak akan hilang. Sedangkan pada etape IV, pihak panitia akan lebih dulu melakukan rapat untuk memastikan etape tersebut akan dilaksanakan atau ditiadakan.

"Balap etape III ini tak akan diulangi lagi. Nanti malam kita rapat dengan Pak Bupati. Kalau cuaca tetap seperti ini takkan dilaksanakan," jelas Sondi mengenai kemungkinan berlangsungnya etape IV.

Pada dua etape sebelumnya, etape pertama dijuarai pebalap Trengganu Cycling Team Malaysia, Nur Amirul Fachruddin Mazuki. Sedangkan etape II dimenangi pesepeda Tim Nasional Indonesia, Reno Yudha Sansaka. Namun, kaos kuning masih milik pebalap Malaysia. (R08)

Sumber: Akurat.co

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index