Gawat, Asap Makin Tebal

6.785 Warga Riau Terpapar ISPA

6.785 Warga Riau Terpapar ISPA
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Bencana kabut asap yang melingkupi seluruh wilayah Riau membuat ribuan warga terserang ISPA. Laporan terakhir yang dihimpun dari Dinas kesehatan provinsi Riau, tak kurang  6.785 warga terpapar ISPA. ''Kami mengimbau masyarakat Riau untuk menggunakan masker dan kurangi aktivitas di luar ruangan,'' tegas kadis kesehatan, Andra Sjafril kepada wartawan. 
 
Diakui dia, itu memang sudah termasuk data per 29 Agustus lalu. Dalam hitungan empat hari terakhir, jumlah tersebut dipastikan bertambah lebih besar lagi mengingat kondisi asap akibat kebakaran lahan tersebut semakin parah.
 
 
Pihaknya mengimbau seluruh Dinas kesehatan kabupaten dan kota mengeluarkan data tentang korban akibat kebakaran lahan, sehingga, bisa dilakukan penanganan secara kordinatif dan bersama.  "Banyak daerah yang tidak memberikan laporan. Kita sudah sosialisasi,tapi masih ada  juga daerah yang belum melaporkan data korban di wilayahnya," sebut Andra.
 
Data sementara, daerah terpapar ISPA adalah Pekanbaru, yakni sebanyak 1.786 kasus. Siak sebanyak 1.558 kasus dan Dumai sebanyak 1.411 kasus. Adapun beberapa daerah lainnya masih belum ada rekap laporannya. (R03)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index