Ini 5 Upaya Disperindag Riau Bersaing di MEA

Ini 5 Upaya Disperindag Riau Bersaing di MEA
Mas Irba H Sulaiman

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Memasuki gerbang era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru sedang mempersiapkan lima hal penting.
 
Kepala Bidang Perdagangan, Mas Irba H Sulaiman kepada riausky.com mengatakan kelima hal tersebut ialah membangun pasar di setiap kecamatan, membangun rumah kemasan, mengembangkan sentra rotan, membangun kawasan industri, serta mengalihkan badan metrologi dari provinsi ke daerah.
 
"Untuk program tersebut, walikota di pertengahan Februari akan roadshow di kementerian perekonomian di Jakarta dalam rangka sinergi progam nasional dengan program daerah nawa cita dan MEA. Pemerintah pusat juga menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan ini," kata Irba Kamis (21/1).
 
Irba juga mengatakan Disperindag juga akan menyiapkan bahan untuk walikota dalam menunjang program membangun pasar. "Pasar yang dibangun nantinya akan berkonsep aman, bersih dan jujur. Dan kita kemas dalam pasar masyarakat madani."
 
Untuk rumah kemasan, pihaknya akan membangun di kecamatan Pekanbaru Kota. "Karena kita menerima bantuan dari pusat sebesar Rp328 juta. Nanti kita akan survei tempat sebagai percontohan, kita lihat daerah mana yang perlu rumah kemasan, setelah itu barulah kita bangun."
 
Dikatakan Irba, untuk sentra rotan juga akan dikembangkan, karena untuk daerah Sumatera, Pekanbaru masuk dalam unggulan. "Sedangkan untuk kawasan industri pula, tentunya untuk menunjang penjualan produk kita."
 
Kelima hal itulah yang akan dilakukan Pemko Pekanbaru dalam memasuki era MEA 2016. (R07)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index