Demi Kemajuan Ekonomi, Luhut: Percayalah, Saya Tidak akan Buat Kebijakan yang Ciderai Anak Cucu Kita

Selasa,19 November 2019 | 18:07:54 WIB
Demi Kemajuan Ekonomi, Luhut: Percayalah, Saya Tidak akan Buat Kebijakan yang Ciderai Anak Cucu Kita
Ket Foto : Luhut Binsar Panjaitan/net

RIAUSKY.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan secara tegas mengatakan pemerintah tidak akan mengorbankan lingkungan demi kemajuan ekonomi.

Begitu yang dikatakan Menko Luhut dalam acara diskusi Panel Institute Essential Services Reform (IESR) bertema Strategi Indonesia Menuju Perekonomian Nir Emisi 2050, di Jakarta, Selasa (19/11).

Luhut menambahkan, ada equilibrium yang saat ini dicari dan tidak bisa menggunakan standar Amerika atau standar Eropa. Menurutnya, negara-negara tersebut punya cara sendiri berbeda dengan Indonesia.
 
“Indonesia berkomitmen untuk energi baru terbarukan atau EBT, dan konsisten untuk melaksanakan itu. Saya garis bawahi disini, saya tidak akan pernah membuat kebijakan yang mencederai anak cucu saya,” tegas Luhut di lokasi.

Potensi dari EBT di Indonesia masih sangat besar, namun belum digarap optimal. Luhut mencontohkan, panas bumi dari yang tersedia 17,5 GW, pemanfaatannya  baru sebesar 1,95 GW. Selain itu, Micro Hydro potensinya sebesar 94,3 GW masih dimanfaatkan sebesar 0,03 GW, bio energi potensi 32,6 GW dan pemanfaatan bio massa hanya 1,859 GW.

"Saat ini yang kita manfaatkan masih rendah, kepada kalian generasi muda, ayo ini masalah sekaligus potensi, identifikasi masalahnya, setelah diidentifikasi masalahnya, baru tentukan siapa dan berbuat apa. Di era kalian lah nantinya yang akan menikmatinya,” tantang Luhut kepada generasi muda yang hadir di acar diskusi tersebut. (R02)

Sumber: RMOL.id

Iklan Pajak Reklame Bapenda Pekanbaru



FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS