Ditarget Beroperasi Mei 2021, Medco Peroleh Pendanaan Bangun PLTGU Tenayan Riau

Ditarget Beroperasi Mei 2021, Medco Peroleh Pendanaan Bangun PLTGU Tenayan Riau
Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tenayan berkapasitas 2x110 megawatt (MW) merupakan penyangga sistem kelistrikan di Sumatera Bagian Tengah. (Liputan6.com/Pool/PLN)

RIAUSKY.COM - PT Medco Power Indonesia melalui anak perusahaannya PT Medco Ratch Power Riau (MRPR) telah menyelesaikan pendanaan (Financial Close) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) berkapasitas 275 MW di Tenayan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

Presiden Direktur Medco Power Eka Satria mengatakan, penyelesaian pendanaan merupakan persyaratan dalam Perjanjian Pembelian Tenaga Listrik (Power Purchase Agrement/PPA) dengan PLN. ‎Dengan begitu dapat dilakukan ke tahap pembangunan 
berikutnya.

“Financial Close ini merupakan tonggak pencapaian yang penting dalam komitmen perusahaan untuk menyelesaikan proyek pembangunan PLTGU Riau 275 MW," kata Eka, di Jakarta, Sabtu (23/11/2019) lalu.

Pembangunan proyek pembangkit listrik ini telah mencapai penyelesaian sebesar 46 persen. Diharapkan PLTGU Tenayan dapat beroperasi komersial (COD) pada Mei 2021.

Total investasi proyek ini sebesar USD 293 juta. Adapendanaan dilakukan secara parsial oleh Asian Development Bank (ADB), bersama dengan Leading Asia’s Private Infrastructure Fund (LEAP), International Finance Corporation (IFC), Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) dan Sumitomo Mitsui Bank Corporation (SMBC).

Perusahaan Patungan

Sebagian bangunan PLTGU saat dilihat dari atas (Liputan6.com/ Herman Zakharia).

MRPR merupakan perusahaan patungan antara Medco Power Indonesia 51 persen dengan perusahaan listrik Thailand, RATCH Group Public Company Limited Public 49 persen.

Untuk diketahui, Medco Power telah mengoperasikan pembangkit listrik dengan total kapasitas (gross) lebih dari 3.100 MW di 20 lokasi di Indonesia. Selain PLTGU Riau 275 MW, Medco Power saat ini sedang mengembangkan proyek PLTP Ijen dengan kapasitas 110 MW di Jawa Timur‎. (R02)

Sumber: Liputan6.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index