Pernah Ditipu Rekan, Artanto Buka Kedai Bakso Kejujuran, 'Ambil, Hitung dan Bayar Sendiri Makananmu'

Pernah Ditipu Rekan, Artanto Buka Kedai Bakso Kejujuran, 'Ambil, Hitung dan Bayar Sendiri Makananmu'
Bakso kejujuran di Banjarsari, Solo. (Istimewa)

RIAUSKY.COM - Selama sepekan terakhir, kedai Bakso Kejujuran di Banjarsari, Solo ini jadi sorotan. Warung makan itu menjual aneka bakso dengan harga sangat terjangkau, mulai Rp1.000.

Kedai Bakso Kejujuran dibuka oleh mantan pengusaha mebel, Artanto, bersama teman kuliahnya, Widodo.

Tak jauh berbeda dengan warung bakso lainnya, warung milik Artanto diisi beberapa meja dan ruang kecil untuk lesehan. Di seluruh meja terdapat berbagai pelengkap bakso seperti saus dan kecap.

Sementara itu di setiap tembok warung terdapat MMT bertuliskan daftar harga.

Adapun harga bakso kejujuran sangat terjangkau. Satu pentol bakso dihargai Rp2.000. Sementara makanan pelengkapnya berupa mi kuning harganya Rp1.000, tahu putih Rp1.000, dan pangsit Rp1.000.

Sedangkan, seluruh minuman harganya sama, yakni Rp3.000. 
Tulisan daftar menu itu berjajar dengan foto anak-anak yang sedang berwisata bertuliskan Moglenx Community wisata dengan anak-anak panti asuhan.

Berbekal cerita pahit, Artanto, yang pernah ditipu rekan-rekannya hingga miliaran rupiah, memilih mengonsep warung baksonya sebagai Bakso Kejujuran.

Dengan slogan ambil sendiri, hitung sendiri, dan bayar sendiri, Artanto menerapkan konsep warung makan prasmanan.

Menariknya, pemilik warung dan petugas kasir tidak akan menghitung makanan para pengunjung. Petugas kasir hanya bertugas menerima uang dari pelanggan.

Apabila ada uang kembalian, petugas akan memberikan sesuai yang diminta pelanggan. Jadi, pengunjunglah yang menghitung sendiri berapa harga makanan yang disantap di kedai Bakso Kejujuran.

Artanto mengaku sempat ragu membuka warung bakso dengan konsep kejujuran. Namun, Artanto percaya di Kota Solo masih banyak orang jujur.

Hasilnya selama tujuh hari berjualan, pendapatan warungnya selalu sama dengan bakso yang terjual.

Sementara itu, Widodo, memprediksi di awal berjualan hanya laku sekitar 15 mangkok. Ternyata, hasilnya jauh dari prediksi awal. Dalam sehari 60 mangkok habis terjual.

Bahkan, baru sepekan berjualan sudah ada tawaran franchise senilai puluhan juta untuk Bakso Kejujuran, namun ditolak.

“Kalau berjualan tidak mengambil keuntungan itu bohong. Saya tetap mengambil untung dari berjualan di Bakso Kejujuran. Hanya saja lebih dari setengah keuntungan saya salurkan untuk anak-anak panti asuhan,” ujar Artanto seperti dikutip dari Solopos.com, Senin (2/12/2019) siang.

Kedai Bakso Kejujuran berlokasi di Jl. Kahuripan No.81, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. (R04)

Sumber: Solopos.com.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index