Salut! Bukan Panji, Emak-Emak Ini Juga Hidup Puluhan Tahun Bersama Ular Kobra, Ini Kisahnya

Salut! Bukan Panji, Emak-Emak Ini Juga Hidup Puluhan Tahun Bersama Ular Kobra, Ini Kisahnya
Iin Ayu tanpa takut bermain dengan ular jenis king kobra. Ibu rumah tangga asal Purwokerto, Banyumas ini sudah puluhan tahun hidup berdampingan dengan ular berbisa itu. (Foto: iNews/Saladdin Ayyubi)

RIAUSKY.COM - Menyebut namanya saja tentu kita orang awam bergidik ngeri, lalu bagaimana mungkin ada orang yang mau tinggal dan hidup bersamanya.

Ya, bagi sebagian besar orang ular kobra merupakan hewan paling menakutkan karena bisanya sangat mematikan. Namun, tidak bagi Iin Ayu, ibu rumah tangga (IRT) asal Karang Pucung, Purwokerto Selatan, Banyumas Jawa Tengah ini.

Iin mengaku sudah puluhan tahun bersahabat dengan ular king kobra. IRT yang tergabung dalam komunitas pecinta reptil ini sudah lama berdampingan dengan binatang berbisa itu.

Dia mengaku bermain dan bercanda dengan king kobra sudah biasa dan dilakukannya sejak puluhan tahun lalu. Padahal ular king kobra ini merupakan hewan sangat berbahaya sekaligus mematikan.

Iin mengaku dibantu teman-teman pecinta reptilnya saat bermain dengan ular-ular kobra kesayangannya. Dia mengoleksi puluhan ular, termasuk beberapa jenis king kobra Jawa dan king kobra Kalimantan.

“Saya sudah lama akrab dengan ular. Kecintaan saya pada reptil ini sudah tumbuh saat remaja,” ucapnya, Selasa (17/12/2019).

Ibu rumah tangga yang juga anggota pecinta reptil di Banyumas ini mengaku sering diminta ke sekolah dan instansi untuk memberikan edukasi mengenai reptil, terutama ular.

Meski biasa bermain dengan king kobra kesayangannya, namun dia menyarankan agar warga tetap waspada terhadap bulan perkembangbiakan hewan melata ini diakhir tahun atau saat musim hujan.

Iin juga meminta agar warga sering membersihkan rumah-rumahnya yang bisa menjadi tempat persembunyian dan bersarangnya ular kobra.

Menurut Iin, fenomena munculnya king kobra di rumah dan lokasi pemukiman warga dikarenakan akhir tahun ini merupakan bulan perkembangbiakannya.

Namun, lanjut dia, hal ini tidak perlu dikhawatirkan berlebihan sepanjang warga rajin membersihkan tempat-tempat di rumah yang bisa dan disukai jadi tempat bersarang dan bersembunyinya ular kobra.

Iin mengimbau warga untuk menggunakan alat saat mengusir ular jenis ini karena sangat membahayakan dan bisanya mematikan.

“Munculnya ular-ular cobra menurutnya karena saat ini mereka menetas dan berkembang biak dan mencari mangsa hingga ke pemukiman warga,” katanya.

Dia berharap agar fenomena kemunculan ular kobra tidak menimbulkan korban jiwa dan warga bisa mengatasi dengan baik dan benar. (R04)

Sumber; iNews.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index