Warga Jumpa Sarang, Ada 500 Butir Telur Dijaga Buaya Sepanjang 3 Meter

Warga Jumpa Sarang, Ada 500 Butir Telur Dijaga Buaya Sepanjang 3 Meter
Istimewa/BKSDA Resor Agam

RIAUSKY.COM - Warga dibuat heboh dengan penemuan seekor Buaya Muara (Crocodylus Porosus) bertelur di perkebunan kelapa sawit.

Saat ditemukan, ada sekitar 500 butir dimana tempat buaya tersebut bersarang di Ujung Labung, Nagari Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Terkait hal ini, pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam, Ade Putra kepada wartawan, Senin (20/1/2020) mengatakan bahwa buaya muaro tersebut memiliki ukuran sekitar tiga meter.

Ade Putra juga mengatakan satwa langka dan dilindungi tersebut ditemukan sedang menunggui sarang telurnya yang berjarak hanya 400 meter dari pemukiman warga setempat.

"Berdasarkan prilaku dan kebiasaan, buaya bertelur mencapai jumlah 500 butir dan menetas dalam waktu 90 hingga 110 hari, selama itu ia akan tetap menunggui telurnya," ujar Ade Putra.

Ia menyebutkan pada saat buaya bertelur, buaya tersebut akan menunggui telurnya dari gangguan predator seperti biawak.

"Akibatnya, induknya akan menjadi sangat sensitif terhadap aktivitas mahkluk hidup lainnya. Oleh karena itu, kami mengimbau masyarakat untuk tidak mengusik atau mendekati buaya yang sedang bertelur tersebut," ujar Ade Putra.

Ade Putra menyebutkan hal tersebut untuk alasan keamanan, dan pihaknya juga telah memasang batas pengaman dan tanda larangan agar tidak mendekati satwa.

"Pada bulan Januari tahun 2018 dan Januari 2019 lalu, di lokasi yang tidak jauh dari ditemukannya buaya bertelur ini juga pernah ditemukan buaya muara bertelur," kata Ade Putra.

Disebutkannya, bahwa pada 2019 yang lalu semua telurnya berhasil menetas dan induk buaya beserta anak berjenis kelamim jantan kembali ke kawasan muara yang sebagian besar merupakan Hutan Bakau atau Mangrove. (R04)

Sumber: Tribunpadang.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index