Ngeri! Lagi Mancing, Moncong Ikan Marlin Nancap di Leher Idul, Dokter Bilang Begini

Ngeri! Lagi Mancing, Moncong Ikan Marlin Nancap di Leher Idul, Dokter Bilang Begini
Moncong ikan sori alais marlin usai dikeluarkan melalui operasi dari leher remaja kelas 2 SMP Muhammad Idul di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, Senin (20/1/2020).

RIAUSKY.COM - Leher Muhammad Idul (16) tertancap moncong ikan sori (ikan marlin) sedalam 15 cm saat sedang memancing di laut di Desa Wakinamboro, Kecamatan Siompu, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, Sabtu (18/1/2020) lalu.

Butuh waktu dua hari agar moncong ikan yang tajam itu lepas dari leher siswa kelas 2 SMP tersebut.

Tim dokter dari RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar berhasil mencabut moncong ikan marlin dari leher remaja asal Buton Selatan, Muhammad Idul (16), Senin (20/1/2020).

Salah satu tim dokter yang melakukan operasi, dr Jayarasti menceritakan, operasi ditangani enam dokter.

Butuh kehati-hatian dan ketelitian yang tinggi untuk mengeluarkan moncong ikan marlin dari leher Idul.

Pasalnya, moncong yang masuk di leher Idul mencapai 15 cm dan hanya menyisakan 3 cm dari pangkal mulut ikan marlin. 

Hal ini membuat tim dokter yang menangani harus memperkirakan struktur apa saja yang dikenai moncong ikan marlin tersebut.

Untuk itu, kata Jayarasti, tim harus melakukan persiapan yang lengkap terutama persiapan alat dan darah. 

"Mengenai lainnya berdasarkan CT scan, perkiraan masuknya moncong itu mulai dari depan sampai belakang leher. Dari situ kita perkirakan kemungkinan kena pembuluh darah. Mungkin saraf tidak terkena," kata Jayarasti saat konferensi pers di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, Senin (2/1/2020). 

Saat melakukan operasi, dokter menemukan bahwa moncong ikan marlin yang menancap berada di sisi luar pembuluh darah.

Hal itu meminimalisasi pendarahan di meja operasi. Hal yang menyulitkan dokter saat operasi ialah gigi ikan marlin yang tajam membuat otot di leher ikut termakan. 

"Agak sulit untuk menarik langsung, jadi harus dilakukan secara perlahan-lahan karena otot yang di leher masuk ke dalam mulut ikan sori sehingga kita harus lakukan manipulasi. Kita buka sedikit moncongnya sehingga terlepas otot-ototnya sehingga bisa dikeluarkan moncong ikan sori tersebut," tutur Jayarasti. (R04)

Sumber: Kompas.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index