Turun Langsung, Kapolda Riau Padamkan Karhutla di Rupat Utara, Bengkalis

Turun Langsung, Kapolda Riau Padamkan Karhutla di Rupat Utara, Bengkalis

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Tak hanya memerintahkan jajarannya untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya  Imam Effendi, juga turun langsung ke lapangan dan ikut berjibaku memadamkan api bersama tim satgas Karhutla di daerah Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. 

Di sela-sela memadamkan Karhutla, Kapolda menikmati makan siang nasi  bungkus. Dia duduk di atas lahan berkas terbakar bersama tim pemadam Karhutla dan sudah didinginkan di Desa Titi Akar, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. 

Sudah 17 hari lamanya, Tim Pemadam Karhutla dipimpin Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto, berjibaku memadamkan api yang membakar lahan gambut di Pulau Rupat Utara tersebut. Termasuk di Desa Titi Akar. 

"Anggota di lapangan sudah berusaha keras memadamkan api membakar lahan gambut di Pulau Rupat Utara. Kemarin sore, usai melihat aplikasi Dashboard Lancang Kuning, masih ada titik api. Ya kita turun, ikut memadamkan dan memberi semangat kepada Tim Pemadam," ungkap Agung.

Ia menjelaskan, langkah pemadaman yang dilakukan tm terpantau secara jelas di aplikasi Lancang Kuning. Ini merupakan implementatif dari inovasi Polda Riau untuk tak terulang Karhutla serta asap tebal saban tahunnya. 

"Kita monitor lalu kita bertindak dan mencari solusi secepatnya agar Karhutla tak berlarut-larut," tegas Agung usai pemadaman didampingi Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Riau Kombes Pol Drs Rahmat Hidayat, Dansat Brimob Polda Riau Kombes Pol Abdul Hasyim, dan Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto, Senin (27/1/2020).

Saat memadamkan api di Desa Titi Akar tersebut, Agung melihat secara langsung kekompakan tim pemadam memadamkan api membakar lahan gambut. Dia memuji semangat  pantang menyerah diperlihatkan Tim Pemadam Karhutla. 

Tim Pemadam ini terdiri dari Polres Bengkalis, Masyarakat Peduli Api (MPA), TNI AD, Satpol PP, Manggala Agni KLHK, serta pemadam kebakaran dari PT Sumatera Riang Lestari, ikut berjibaku memadamkan api. 

"Pihak perusahaan juga menurunkan dua alat untuk menyekat api jangan menjalar kemana-mana. Selain itu, juga dibuat embung dan mengerahkan peralatan pemadaman lainnya," tutur Agung. (R14/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index