Belum Ada Virus Corona Menyebar ke Rokan Hulu

Belum Ada Virus Corona Menyebar ke Rokan Hulu
dr Darmadi Lubis, Kabid Pencegahan Penyakit Menular Diskes Rohul

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Virus Corona jenis terbaru 2019- Hingga awal tahun 2020, belum ada tersebar di Rokan Hulu. Meskipun demikian, Pemda Rokan Hulu melalui Dinas Kesehatan mengantisipasi penularan virus carona tersebut kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Rohul dr Bambang Triono melalui Kabid Pencegahan dan pengendalian Penyakit Diskes Rohul dr Darmadi Lubis mengatakan, belum ada laporan kasus masyarakat di Rohul terjangkit virus Corona.

Namun demikian, karena virus ini sudah menjadi perhatian pemerintah dan dunia, maka Dinas Kesehatan Rohul telah menginstruksikan kepada Puskesmas dan Pustu di seluruh Kecamatan untuk mewaspadai penyebaran virus berbahaya tersebut di masyarakat.

“Kita sudah instruksikan kepada seluruh Puskesmas, meskipun perintahnya sifatnya belum tertulis, namun kita sudah gerak cepat mengantisipasi agar penyebaran virus ini dapat dideteksi se-dini mungkin masuk ke Rohul,” Papar Darmadi menjelaskan.

Darmadi menyatakan, sebagai langkah antisipasi, jika ada masyarakat Rohul atau dari luar Rohul yang terjangkit virus tersebut, pihak Dinas Kesehatan merujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rohul untuk penanganannya.

“Tapi sejauh ini belum ada laporan warga atau pendatang yang suspect. Itu mungkin karena daerah kita bukan pintu masuk. Tentunya jika sudah menjadi atensi, pengawasan terhadap masuknya virus ini akan lebih ketat di daerah pintu masuk seperti Dumai, Meranti dan Bengkalis," katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Rohul dr Novil Raykel mengatakan, jika ditemukan suspect virus corona maka pihaknya akan menempatkan korban di ruang isolasi. Karena penanganan korban terjangkit virus corona tersebut harus dilakukan terpisah dengan pasien lain untuk menghindari potensi penularan. (R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index