Dianggap Sudah Meninggal karena Hilang Selama 5 Tahun, Warga Tasikmalaya Ini Malah Ditemukan Tinggal di Medan

Dianggap Sudah Meninggal karena Hilang Selama 5 Tahun, Warga Tasikmalaya Ini Malah Ditemukan Tinggal di Medan
Rina saat bertemu dengan ayahnya Nurgana di Dinas Sosial Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (7/2/2020). (Foto: iNews/Asep Juhariyono)

RIAUSKY.COM - Adalah Rina Rismayanti (27) warga Kampung Bojongnangka, Kelurahan Sukamenak, Kecamatan Purbaratu, Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar) kembali bertemu dengan orangtuanya pada Jumat (7/2/2020) setelah menghilang selama lima tahun. 

Keluarga sebelumnya pasrah dan menganggap Rina meninggal karena tak ada kabar.

Suasana haru sempat mewarnai pertemuan Rina dan ayahnya di kantor Dinas Sosial Kota Tasikmalaya.

Tahun 2015 lalu, Rina meninggalkan rumahnya di Tasikmalaya saat sang ayah salat. Rina merupakan anak keempat dari lima bersaudara.

Ayah Rina Nurgana mengatakan, mengetahui anaknya hilang, dia mencari ke beberapa saudara dan melaporkan ke polisi. Keluarga sudah melakukan tahlil dan doa bersama beberapa hari setelah kepergiannya karena menganggap Rina meninggal.

"Diduga sudah meninggal saya sudah mengadakan pengajian setiap malam di rumah," katanya.

Nurgana mengaku setiap kali berjualan bakso, dia terus mencari Rina. Namun hasilnya selalu nihil.

"Saya ke Bandung cari sambil saya jualan bakso, tapi enggak ketemu-ketemu," ujarnya seperti dikutip dari iNews.id.

Selang lima tahun, tetangga Nurgana mengatakan sempat melihat foto Rina di media sosial. Tetangga itu pun melaporkan ke Dinas Sosial Kota Tasikmalaya.

Untuk meyakinkan informasi tersebut, Nurgana kemudian melakukan video call dengan Dinas Sosial di Medan. Yakin anak tersebut merupakan darah dagingnya yang hilang selama lima tahun, Nurgana melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kota Tasikmalaya untuk menjemput Rina di Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Setelah bertemu, Rina terlihat canggung saat bertemu dengan ayahnya. Rina datang hanya membawa dua tas dan kertas yang berisi namanya yang digantungkan di lehernya.

Menurut Rina, dia tinggal di panti saat di Medan. Dia meninggalkan rumah di Tasikmalaya dengan bus. Rina mengaku selama ini dibina di panti dan tidak pernah bekerja selama menghilang.

"Saya tinggal di panti, tinggal sama Bu Lilis. Enggak kerja saya di Bina," kata Rina yang terlihat masih bingung.

Dia hanya menjawab pertanyaan media dengan singkat. Saat ini kondisi Rina masih terlihat bingung meski sudah bertemu dengan sang ayah. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index