BEI Riau Siap Bantu Tim IPO PTPN V Melantai di Pasar Saham

BEI Riau Siap Bantu Tim IPO PTPN V Melantai di Pasar Saham
Kepala BEI Riau Emon Sulaeman

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Bursa Efek Indonesia (BEI) Riau menyatakan kesiapannya untuk membantu PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V melantai di bursa saham terkait adanya rencana perusahaan sawit itu akan menawarkan saham perdana atau IPO (initial public offering) ke masyarakat.

"BEI akan sangat terbuka menyambutnya dan kami siap membantu tim IPO PTPN V segera melantai di bursa jika dibutuhkan," kata Kepala BEI Riau Emon Sulaeman di Pekanbaru, dikutip dari Antara, Minggu, 16 Februari 2020.

Menurutnya, hal tersebut adalah langkah baik bagi PTPN V. Jika IPO terjadi tentunya perusahaan BUMN itu akan punya dana segar yang bisa dimanfaatkan untuk ekspansi lebih luas.

"Kami juga bisa membantu menyosialisasikan tentang langkah IPO oleh manajemen kepada karyawan, sehingga karyawan bisa bekerja lebih baik lagi ke depan, dan tentunya PTPN V bisa menjadi lebih besar," kata Emon Sulaeman.

Emon bahkan menilai dampak melantainya PTPN V di bursa saham akan ada secara positif. Secara tidak langsung hal itu akan dapat menyerap tenaga kerja baru dan lebih jauh lagi kontribusi pertumbuhan ekonomi di Riau yang lebih besar dari tahun sebelumnya.

"Masyarakat Riau sendiri punya kesempatan untuk memiliki perusahaan PTPN V dengan cara membeli sahamnya," kata Emon.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara V Jatmiko K Santosa menyatakan BUMN sektor perkebunan tersebut masih terus mempersiapkan rencana penawaran saham perdana untuk mendaftar ke bursa saham secara serius.

"Saya sampaikan ke pemegang saham kalau ini dijadikan bagian langkah restrukturisasi PTPN Grup, artinya kita gak main-main IPO-nya. Kita gak boleh IPO yang abal-abal, istilahnya," kata Jatmiko di Pekanbaru, Riau, Jumat (14/2).

Pihaknya masih terus melakukan persiapan dan mengkaji saat yang tepat untuk melaksanakan IPO. Menurut dia, lembaga penyiapan IPO sudah bekerja, sedangkan untuk lembaga profesi penunjang sedang dalam proses.

Ketika disinggung berapa banyak saham yang akan ditawarkan di pasar modal, Jatmiko menyatakan masih menghitung dengan melihat potensi yang mungkin akan diterima oleh pasar calon investor.

"Sering kan kita bicara listing, habis itu selesai, yang dijanjikan ke investor gak selesai juga. Ini yang kita jaga benar, kita olah apa yang membuat manfaat bagi kita semua," katanya.

"IPO PTPN V direncanakan pada tahun ini. Target ke pemegang saham pada tahun ini, sebelum akhir tahun bisa kuartal III atau akhir kuartal II," katanya. (R05)

Sumber: Antara

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index