BPS Riau: Sensus Penduduk 2020 Bakal Digelar 2 Tahap

BPS Riau: Sensus Penduduk 2020 Bakal Digelar 2 Tahap

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Badan Pusat Statistik (BPS) kembali akan menggelar Sensus Penduduk ke tujuh di tahun 2020 ini yang diselenggarakan setiap sepuluh tahun sekali. Kali ini akan digelar dengan dua tahapan.

Hal itu disampaikan Kepala BPS Provinsi Riau, Misfaruddin dalam acara mencanangkan sensus penduduk 2020 (SP2020) di Provinsi Riau yang diselenggarakan di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (17/2/20).

"SP 2020 kali ini akan dilakukan dalam dua tahap," ujarnya.

Tahapan tersebut yakni pertama, pendataan lengkap yang akan di lakukan secara online (Sensus Penduduk Online 2020, red) yang sedang berlangsung sejak tanggal 15 Februari-31 Maret 2020 melalui laman https://sensus.bps.go.id.

"Bagi masyarakat yang belum mangikuti SP Online 2020, akan didatangi petugas sensus yang akan melakukan wawancara dengan menggunakan handphone atau quisioner," katanya.

Dimana wawancaranya ini akan dilakuann pada tanggal 1 - 31 Juli 2020 mendatang. Diterangkan Misfaruddin, dalam tahapan ini masyarakat akan diberi 20 pertanyaan dasar seputar biodata diri. Dengan tahapan itu, ia berharap seluruh penduduk Indonesia khususnya Riau terdata di Sensus Penduduk 2020.

Ia melanjutkan, tahapan kedua adalah pencacahan sample yang akan digelar pada tahun 2021 mendatang. Dimanna dalam tahap ini terkait pengumpulan data dan informasi kependudukan untuk menghasilkan berbagai parameter demografi dan indikator sosial lainnya.

"Di tahap ini akan diajukan sebanyak 80 pertanyaan lebih detil," sebutnya.

Ia mengaku, untuk pertama kalinya SP 2020 akan melakukan metode kombinasi dengan cara menggunakan data administrasi kependudukan dari Dukcapil sebagai data dasar dan kemudian dilengkapi pada pelaksanaan SP 2020.

"Upaya ini bertujuan menghasilkan Satu Data Kependudukan Indonesia," pungkasnya. (R07/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index