Bupati Kampar Launching SPO dan Rakor KLA

Bupati Kampar Launching SPO dan Rakor KLA

BANGKINANG (RIAUSKY.COM) - Launching Sensus penduduk Online (SPO) dan Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak telah diluncur Oleh Pemerintah Daerah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupatem Kampar.

Acara launcing SPO dan Kabupaten Layak Anak tersebut dipusatkan di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar pada Senin (17/2).

Bupati Kampar yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kampar Syamsul Bahri dalam arahannya menyampaikan bahwa bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, data sensus penduduk akan dijadikan sebagai acuan atau pedoman dalam proses perumusan kebijakan, perencanaan pembangunan dan evaluasi.  

Lebih lanjut ia mengatakan, Sensus Penduduk 2020 merupakan hal yang sangat intimewa untuk menjadi bagian dalam memperbarukan cerita bangsa indonesia.

"Sehingga, sayang untuk dilewatkan," ujarnya.

Syamsul menambahkan, dengan Sensus Penduduk Online, kita bisa pastikan sendiri bahwa diri kita dan keluarga sudah tercatat pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

Dirinya juga berpesan agar seluruh masyarakat untuk menantikan kehadiran petugas sensus pada tahap sensus wawancara. Di mana penduduk Indonesia yang tidak berpartisipasi dalam sensus online akan didatangi petugas sensus untuk didata pada bulan Juli 2020.

Selain itu dalam arahan lainnya Syamsul Bahri menyampaikan Bagi Pemerintah Kabupaten Kampar, data sensus penduduk akan dijadikan sebagai acuan atau pedoman dalam proses perumusan kebijakan, perencanaan pembangunan dan evaluasi. 

"Agar program perlindungan sosial tepat sasaran, maka dalam perencanaannya akan memanfaatkan data sensus penduduk yang telah diolah untuk menekan infisiensi pemberian bantuan dan meningkatkan efektifitas anggaran," terangnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar Edi Afrizal dalam laporannya mengungkapkan Tercatat dalam evaluasi KLA selama  tahun 2018 dan 2019, Kabupaten Kampar memperoleh Anugerah KLA pada Tahap Pratama.

"Untuk Itu harapan kita semua agar Kabupaten Kampar bisa meraih Anugerah KLA ke tingkat yang lebih tinggi di tahun 2020," ujar Edi.

Salah satu langkah kongkrit untuk mewujudkan perlindungan anak dalam perspektif geopolitik pembangunan adalah dengan mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak atau yang kita kenal dengan singkatan KLA.

Hadir dalam Kegiatan Launching SPO dan Rakor Kabupaten Layak Anak tersebut diantaranya Ketua DPRD Kampar Faisal, anggota DPRD Zumrotun, Kalapas Kelas II Bangkinang Sutarno, Kementerian PPA Republik indonesia Iwan Setiawan serta Camat se-Kabupaten Kampar dan Forum Anak Kampar. (R10/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index