Survei: Jika Prabowo vs Anies Baswedan di Pilpres 2024, Pemenangnya Adalah...

Survei: Jika Prabowo vs Anies Baswedan di Pilpres 2024, Pemenangnya Adalah...
Anies dan Prabowo

RIAUSKY.COM - Direktur eksekutif lembaga survei Indo Barometer Muhammad Qodari memprediksi ada tiga kelompok tokoh yang memiliki panggung seksi untuk maju dalam pemilihan presiden 2024. 

Mereka adalah menteri, kepala daerah, dan tokoh yang berpeluang diusung partai.

Dari kelompok menteri, hasil sigi Indo Barometer menunjukkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto paling berpotensi dengan angka 43,1 persen, dibawahnya ada Menkopolhukam Mahfud Md 6,9 persen, dan Menteri BUMN Erick Thohir 5,8 persen. 

Selanjutnya di bawah angka 5 persen ada Mendagri Tito Karnavian, Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Lalu dari kelompok kepala daerah, Anies Baswedan paling unggul dengan 31,7 persen, Ganjar Pranowo 11,8 persen, Tri Rismaharini 9,9 persen, Ridwan Kamil 8,2 persen, Khofifah Indar Parawansa 5,6 persen dan Nurdin Abdullah 0,8 persen. 

"Dari angka ini terlihat Anies Baswedan yang paling berpeluang maju di Pilpres 2024," ujar Qodari.

Sementara dari tokoh yang berpeluang diusung partai, Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Gerindra paling unggul dengan 37,3 persen, lalu Anies Baswedan dengan 20,2 persen, Puan Maharani 5,3 persen, dan Airlangga Hartarto 3,1 persen.

Indo Barometer kemudian melakukan simulasi menyandingkan ketiga kelompok tersebut jika berlaga di Pilpres 2024. Hasilnya, capres yang paling berpotensi adalah Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Lawan terberat untuk Prabowo Subianto adalah Anies Baswedan dengan angka 41,4 persen vs 23,3 persen atau selisih 18,1 persen.

"Jadi, kalau seandainya Prabowo dan Anies head to head, pemenangnya tetap Prabowo karena mereka memiliki segmen yang sama," ujar Qodari. (R01)

Sumber: Tempo.co

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index