Reses, Masyarakat Usul Pembangunan Jalan dan Irigasi pada Sukarmis

Reses, Masyarakat Usul Pembangunan Jalan dan Irigasi pada Sukarmis
Reses Sukarmis di Desa Sukamaju Singingi Hilir.

TELUKKUANTAN (RIASKY.COM)- Momentum reses anggota DPRD Riau H Sukarmis dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi secara langsung agar dapat diperjuangkan di Pemprov Riau. 

Mayoritas masyarakat mengusulkan pembangunan infrastruktur jalan, irigasi pertanian dan bantuan hewan ternak.

Seperti yang disampaikan Kepala Desa Sukamaju Singingi Hilir, Agus, saat reses Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Riau di desanya, Jumat siang (21/2) Lalu. 

Ia mengusulkan, pembangunan jalan di desanya yang kian rusak supaya dapat diaspal.

"Kami minta jalan berdebu yang ada di desa kami supaya diperjuangkan diaspal," pinta Kepala Desa Sukamaju kepada anggota DPRD Riau Sukarmis didampingi Pemuka Masyarakat Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM dan ratusan masyarakat setempat.

Selanjutnya, Jumat malam, reses dilanjutkan di Desa Pulau Busuk Jaya Inuman. Kepala Desa Pulau Busuk Jaya Suryadi Putra menyampaikan aspirasinya secara langsung. Diusulkan, bahwa saat ini kebutuhan masyarakat ingin dibangunnya saluran irigasi atau pengairan untuk area pertanian yang terhampar luas di Inuman.

"Masih banyak kekurangan. Salahsatunya, kami tidak memiliki pengairan yang mengaliri sepanjang area pertanian di Inuman. Salahsatunya di Pulau Busuk Jaya. Itu yang kami harapkan sekarang," ujar Suryadi Putra.

Saat reses di Desa Pulau Busuk Jaya, Sukarmis juga membawa Pemuka Masyarakat Kuansing asal Inuman Drs H Suhardiman Amby Ak MM. Turut hadir pula Kapolsek Cerenti AKP Lumban G Toruan beserta Upika Inuman lainnya.

Selanjutnya, Kepala Desa Suryadi juga mengusulkan dibangunnya rumah layak huni. "Ini masih banyak yang kurang. Kami berharap nantinya kepada Pak Sukarmis supaya diperjuangkan pembangunan rumah layak huni di desa kami. Dan kami juga mendambakan bantuan ternak untuk bisa kami kembangkan," harapnya.

Selain di Singingi Hilir dan Inuman, masyarakat Kepala Pulau Baserah Kecamatan Kuantan Hilir juga menyampaikan aspirasinya. Kepala Desa Kepala Pulau Hendri mengusulkan agar dibangun saluran irigasi yang terhampar luas di sejumlah desa di Banjar Nan Tigo Desa Nan Ompek di Kuantan Hilir ini. Termasuk juga diusulkan pengaspalan jalan di desanya.

"Ini yang kami butuhkan sekarang. Kami harap ini bisa terealisasi. Termasuk juga hewan ternak. Karena ini juga sudah didambakam masyarakat sejak lama," pinta Kades Hendri.

Aspirasi yang sama juga disampaikan Kepala Desa Pasir Mas Rikan Nugroho. Masyarakat di desanya juga mendambakan pengaspalan jalan yang ada di desanya. "Ini supaya akses masyarakat dengan desa lain menjadi lancar. Karena kondisi jalan sekarang memperihatinkan, Banyak berlubang," pintanya.

Kepada mantan Bupati Kuansing dua periode itu, Rikan Nugroho juga berharap dibantu hewan ternak oleh pemerintah. "Kami juga ingin dibantu hewan ternak, agar bisa dibudidayakan masyarakat kami," jelasnya.

Menanggapi itu, Ketua Badan Kehormatan DPRD Riau, H Sukarmis siap untuk memperjuangkannya di Pemprov Riau. Soal usulan pembangunan jalan, Sukarmis akan memperjuangkannya nanti melalui bantuan keuangan (Bankeu) provinsi untuk kabupaten.

"Ini nanti akan kita perjuangkan di APBD 2021 mendatang. Dan saya berharap masyarakat tetap kompak. Silahkan sampaikan usulan. Ini akan kami perjuangkan di provinsi. Karena ini adalah kesempatan bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi secara langsung kepada wakil yang telah dipilihnya pada pemilu lalu," jelasnya. (R23)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index