Pemkab Bengkalis Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa

Selasa, 25 Februari 2020 | 16:37:52 WIB
Pemkab Bengkalis Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa
Ket Foto :

BENGKALIS (RIAUSKY.COM) - Dalam rangka meningkatkan kapasitas perangkat desa yang produktif, andal serta profesional dan memiliki kapabilitas dalam menjalankan peran dan fungsinya di desa, Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar Pelatihan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Bengkalis tahun 2020.   

Kegiatan dibuka Asisten Administrasi Umum, Tengku Zainuddin menghadiri sekaligus membuka secara resmi  pelatihan yang dipusatkan di ruang rapat Dang Merdu Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (25/2/2020).

Tengku Zainudin dalam arahannya menyampaikan bahwa Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menjadi langkah utama dalam mewujudkan kebijakan pemerintah untuk menjadikan desa sebagai daerah otonom serta memberikan banyak peran kepada desa. Peran tersebut meliputi peran pelaksanaan pemerintahan desa, peran pelaksanaan pembangunan desa, peran pembinaan kemasyarakatan, dan peran pemberdayaan masyarakat.

“Desa dalam menjalankan perannya dibutuhkan SDM yang produktif, handal serta profesional dan memiliki kapabilitas dalam menjalankan peran dan fungsinya di desa. Peningkatan kemampuan aparatur desa sangat diharapkan agar mampu menjalankan peran/tugas secara optimal sesuai dengan peran dan fungsinya,” ungkap Zainuddin.

Lebih lanjut Asisten Administrasi Umum tersebut mengingatkan bahwa Kades, Perangkat Desa dan BPD harus paham regulasi yang berlaku dalam pelaksanaan pembangunan. Rajin berdiskusi dan membaca aturan, manfaatkan teknologi dalam menggali pengetahuan dan menjalankan pembangunan.

“Dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang terpenting adalah bagaimana Pemerintah Desa mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mampu meningkatkan daya saing desanya. Oleh sebab itu, peningkatan kapasitas aparatur desa dan BPD dalam menjalankan manajemen desa sangat diharapkan lebih meningkat,” tutupnya.

Tampak hadir pada acara tersebut, Komisi I DPRD Bengkalis Zulhandi, H. Arianto, Al Azmi, Sanusi, Kepala Dinas PMD Yuhelmi, narasumber Administrasi Bina Pemerintahan Desa Direktorat Jenderal Kementerian Achmad Rizki Rifani serta diikuti oleh peserta dari Kepala Desa dan BPD se-Kabupaten Bengkalis. (R14/MCRiau)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS