Zulkarnain: Pemko Perlu Bangun SMP Negeri di Tangkerang Labuai

Zulkarnain: Pemko Perlu Bangun SMP Negeri  di Tangkerang Labuai
Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Zulkarnain saat mendengarkan aspirasi dari salah seorang tokoh masyarakat di Tangkerang Labuai.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru, Zulkarnain SE, MSi mengatakan pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Pendidikan perlu membangun sekolah baru  tingkat SMP di Tangkerang Labuai.

Hal tersebut diungkapkannya selepas melaksanakan Reses di Jalan Rawamangun, Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukitraya, Pekanbaru, Senin (9/3/2020) petang tadi.

Dikatakan dia, memang ada sedikit ketimpangan, dimana, di Tangkerang Utara, di sekitar Harapan Raya, ada sekolah, selain itu, di sekitaran jalan Utama, Tengku Bey, juga ada sekolah. Namun, di di Tangkerang Labuai, yang menjadi salah satu wilayah dengan konsentrasi penduduk terpadat, tidak ada sekolah.

Pihaknya mendengarkan aspirasi masyarakat terkait dengan kesulitan mereka menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah negeri selepas tamat SD. 

''Kalau SD, kita rasa sudah sangat cukup. Tapi untuk SMP, masih kurang. Kita berharap, pemerintah membangun sekolah baru di Tangkerang Labuai, ya, disekitaran Rawamangun ini. Karena disini juga konsentrasi penduduk padat, anak-anak butuh sekolah, tapi jarak sekolah dari pemukiman jauh,'' kata dia. 

Dengan sistem zonasi yang ada, diakui dia, memang akan menyulitkan masyarakat untuk bisa memasukkan anak-anaknya di sekolah negeri. ''Kalau dimasukkan ke swasta tentu biayanya juga tidak murah. Karena itulah, meski saat ini pihaknya menawarkan akan memperjuangkan anak-anak di Tangkerang Labuai ini bisa di terima di tiga sekolah di sekitar zonasinya, namun untuk jangka panjang, kita  berharap ada SMP Negeri di sini,'' kata dia. 

''Kalau kita usulnya minimal di tiap kecamatan ada satu atau dua SMP, sehingga anak-anak tertampung di sekolah-sekolah yang ada di sekitar pemukiman,'' kata dia. 

Tak hanya pada Pemko, Pihaknya juga mengharapkan Pemko melakukan sinergi dengan kementerian Agama untuk bisa menambah jumlah Madrasah Tsanawiyah. 

''Dulu cuma ada satu, sekarang sudah ada empat. Kita harapkan seperti MTSN ini, ada minimal 1 lah di tiap kecamatan, jadi ada 12 MTsN, '' harapnya.

Terkait dengan rencana pembangunan SMP, Zulkarnain menyebutkan, saat ini pihaknya sedang mengupayakan agar pemerintah Kota mengarahkan pembelian lahan di wilayah Tangkerang Labuai ini.

''Prosesnya  tentu dari pengadaan lahan. Sudah ada usulan pembelian lahan tahun 2020 ini. Mudah-mudahan bisa didapatkan di sekitar tempat ini, sehingga bisa tahun berikutnya mulai dibangun. Kita harapkan juga dukungan masyarakat untuk ini, karena, untuk membangun dan mendapatkan lahan juga tidak mudah. Jadi harus saling bersinergi,'' kata politisi PPP itu. (R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index