Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Jadi Contoh Pelayanan Terbaik Nasional Bukan Cuma di Riau

Rabu,11 Maret 2020 | 13:39:13 WIB
Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Jadi Contoh Pelayanan Terbaik Nasional Bukan Cuma di Riau
Ket Foto : Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo memotong tumpeng Ulang Tahun I Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-  Reformasi Birokrasi  (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyebutkan Mal Pelayanan Publik adalah percontohan nasional. 

Itu diungkapkan Tjahjo saat menghadiri Ulang Tahun I MPP Pekanbaru sekaligus peresmian Pusat Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru di eks Kantor Wali Kota Pekanbaru, di Jalan Sudirman, Rabu (11/3/2020).

Bukan cuma bagi kabupaten dan kota di Provinsi Riau, kata Tjahjo, MPP Pekanbaru adalah contoh pusat pelayanan publik yang ada di Indonesia.

Karena itulah, dia mengingatkan, selain peningkatan inovasi dalam berbagai jenis layanan, kualitas layanan juga harus ditingkatkan. 

Keberadaan MPP, kata Tjahjo bukan cuma sekadar penyederhanaan birokrasi, namun juga untuk percepatan pelayanan. Bila perlu tak harus menunggu berhari-hari, dalam hitungan jam bisa selesai, itu jauh lebih baik. 

Tjahjo menyebutkan, saat ini, jumlah penduduk Pekanbaru ada 1,2 juta. Dengan 32 pusat layanan yang ada di MPP, dia berharap MPP ini bisa memadai.  Termasuk dalam hal kemudahan pengurusan perizinan dan investasi. 

''Bila bisa dipermudah, maka untuk urusan pelayanan publik itu harus benar-benar dipermudah,'' imbau dia kepada Wali Kota Firdaus ST MT dan jajaran  dan Wakil Gubernur Riau  Edy Natar Nasution yang hadir pada kesempatan tersebut. 

Untuk mengukur kinerja dan perbaikan yang dilakukan, selain meningkatkan kapasitas layanan, perbaikan sarana, Tjahjo juga meminta Wali Kota Pekanbaru untuk meminta feedback dari masyarakat. 

''Kita tahu media sosial saat ini demikian berpengaruh, pemberitaan di media juga tak kalah ramainya. Ada saja masukan dan informasi dari masyarakat. Untuk mengetahui apakah pelayanan tersebut sudah benar-benar baik dan maksimal, harus ada feedback yang didapatkan dari masyarakat. Lakukan survei untuk mengetahui indeks kepuasan publik terhadap pelayanan tersebut, sehingga bisa didapatkan formula dan perbaikan yang lebih lagi ke depannya,'' ajak Tjahjo.

Dia mengaku bangga, karena, saat ini, MPP terbaik itu ada di Sumatera, yakni di Pekanbaru. Karena itulah, dia mengharapkan, karena menjadi contoh, harus dapat terus berbenah dan terus berinovasi. 

Dia juga mengajak Pemko Pekanbaru untuk menggandeng pihak terkait lainnya, seperti perbankan, TNI untuk ikut masuk dalam peran pelayanan di MPP ini. 

''MPP tidak bisa berdiri sendiri, dia harus terus bersinergi dengan seluruh stake holder untuk bisa melayani,'' kata dia. 

Dia mencontohkan bagaimana RSPAD yang notabenenya adalah rumah sakit tentara tapi menjadi salah satu dari rumah sakit dengan kualitas pelayanan terbaik di Indonesia saat ini. ''Jadi silahkan bersinergi untuk melayani. Spiritnya sama, yakni melayani dan memudahkan serta memuaskan masyarakat,'' kata dia.

Selepas seremoni perayaan ulang tahun yang dimeriahkan dengan pemotongan tumpeng, Menpan-RB Tjahjo Kumolo juga melakukan peresmian Pusat Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru MPP Pekanbaru.

Didampingi Dirjen Dukcapil  Prof. Zudan Arif Fakhrullah,  Wakil Gubernur Edy Natar Nasution, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus ST, MT, Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi, Sekda M Noer, Kepala DPMPTSP Muhammad Jamil dan Kepala Dinas Dukcapil Irma Novrita memberikan paparan tentang seluruh pelayanan yang diberikan di dua istansi pelayanan baru yang dimiliki Pemko Pekanbaru itu. 

Sementara Dirjen Dukcapil Prof.Zudan Arif Fakhrullah  tak lepas memuji komitmen besar yang dihadirkan Pemko Pekanbaru untuk MPP Pekanbaru dan Pusat Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pekanbaru. 

''MPP Pekanbaru Wow...itu yang bisa saya sebutkan. Dan ini adalah jawaban dari kebutuhan masyarakat atas pelayanan publik,'' kata dia. 

''Saya sudah lihat ke dalam MPP dan Pusat Pelayanan kependudukan Pekanbaru, saya bilang ini luar biasa, dan Sumpah Deh.. Pekanbaru luar biasa,'' kata dia.

Dia juga menyebutkan, ruh dari pelayanan itu adalah apa yang saat ini dihadirkan Pemko Pekanbaru. Kita harapkan ini benar-benar terwujud dalam bentuk pelayanan yang terbaik, mudah dan cepat bagi masyarakat,'' kata dia. 

Pemko, sebut Zudan, juga diharapkan tak ragu-ragu berkomunikasi dengan Kementerian Dalam Negeri, khsusunya Dirjendukcapil terkait dengan pelayanan kependudukan. Kita siap melayani, termasuk soal kebutuhan blangko KTP. 

''Kita sudah cetak 16 juta keping blangko. Yang didistribusikan baru 8 juta, masih ada 8 juta lagi yang kalau dibutuhkan bisa segera dikirimkan. Jadi, kita apresiasi semangat Pemko Pekanbaru ini,'' kata dia.  (R04) 

Iklan Pajak Reklame Bapenda Pekanbaru



FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS