Raker APEKSI Wilayah I di Pariaman, Wako Firdaus: Walikota Se Sumatera Berkomitmen Jalankan Instruksi Presiden RI Terkait Covid-19

Raker APEKSI Wilayah I di Pariaman, Wako Firdaus: Walikota Se Sumatera Berkomitmen Jalankan Instruksi Presiden RI Terkait Covid-19
Wako Firdaus saat menghadiri Raker Apeksi Wilayah I Sumatera di Pariaman

PARIAMAN (RIAUSKY.COM) - Persoalan virus Covid-19 menjadi perhatian serius yang dibahasa dalam rapat kerja Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) wilayah 1 dalam hal ini pulau Sumatera. 

Sebanyak 24 walikota se-Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menghadiri rapat kerja wilayah (rakerwil) I di Kota Pariaman. Raker itu dibuka Gunernur Sumatra Barat Irwan Prayitno di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (18/3/2020).

Dijelaskan Ketua Korwil 1 APEKSI yang juga Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus MT raker yang digelar sederhana dan tanpa melibatkan khalayak ini lebih fokus pada segala tindakan cepat antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing. 

Dikatakannya, para Walikota se pulau Sumatera berkomitmen menjalankan instruksi Presiden RI Joko Widodo terkait penanganan wabah Covid-19 yang terjadi.

"Raker ini kita lakukan untuk menindak lanjut dan menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo terkait antisipasi penyebaran Covid-19 di daerah. Self Isolation juga beberapa daerah yang rawan atau sudah terpapar dilakukan. Kebijakan-kebijakan cepat diambil dengan mempedomani instruksi presiden," ujar Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT, Rabu (18/3).

Dalam Rakerwil tersebut, para peserta mengikuti diskusi panel, antara lain soal otonomi daerah dan percepatan pembangunan infrastruktur daerah. Selain itu, juga pembangunan infrastruktur trans Sumatra, best practice smart city madani dan pencegahan virus corona.

Apeksi terbagi 3 wilayah, untuk Sumatra terbagi 2 (dua). Ini merupakan agenda tahunan Apeksi untuk saling berbagi informasi dan menyerap apa yang baik dari daerah tersebut. Seluruh pemerintah kota akan berkolaborasi satu sama lain dalam pembangunan kota. Sehingga tidak ada kota yang tertinggal ataupun kota yang maju secara sesendiri.

“Kami sudah sepakat berkolaborasi untuk maju bersama, menyelesaikan masalah secara bersama dan berkembangppun secara bersama,” katanya.

Rakerwil di Pariaman menghasilkan beberapa draft usulan program kerja, untuk disampaikan dalam pertemuan Munas (Musyawarah Nasional) VI APEKSI Tahun 2020 mendatang. Sidang pleno, yang diketuai oleh Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk, dan Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa sebagai anggota.

Rapat pleno ini, adalah rapat penyusunan program kerja APEKSI, dimana disepekati secara bersama oleh seluruh anggota untuk penentuan Kota Banda Aceh sebagai tuan rumah Rakerwil berikutnya di tahun 2021, serta merekomendasikan calon ketua APEKSI umum pusat ke depan.
 
“Dengan mempertimbangkan masa tugas yang masih panjang, maka dipilih secara aklamasi wali kota Banda Aceh calon ketua umum pusat Apeksi yang diusung oleh Korwil I. Serta, usulan dari Kota Pariaman tentang rekomendasi bagaimana daerah dalam penanganan virus Covid-19, sehingga tidak terlalu menunggu lama untuk mendapat instruksi dan arahan yang saat ini berada di pusat,” ungkap Syarfi Hutauruk. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index