Ibaratkan Virus Corona Seperti Perang Dunia, Faisal Basri: Trump Dikelilingi Ahli Virus & Pandemi, Jokowi?

Ibaratkan Virus Corona Seperti Perang Dunia, Faisal Basri: Trump Dikelilingi Ahli Virus & Pandemi, Jokowi?
Presiden AS Donald Trump dan Presiden RI Joko Widodo dalam sebuah pertemuan beberapa waktu lalu/net

RIAUSKY.COM - Ekonom senior dan pendiri Indef, Faisal Basri akhirnya angkat bicara, dia mengibaratkan kondisi saat ini seperti perang dunia. 

Sebanyak 176 dari 195 negara di dunia sudah terjangkit wabah virus corona (COVID-19), artinya perlu tindakan serius karena sudah 90% negara yang terdampak.

"Ini adalah ketakutan, psikologi, dan bahkan nyawa. Virus ini sudah 90% menjangkiti negara di dunia, ini ibaratnya perang dunia," kata Faisal dalam wawancara bersama podcast CNBC Indonesia, Kamis (19/3/2020).

Ia menjelaskan, ibarat perang harus diketahui dulu siapa musuh kita dan memutuskan ahli-ahli yang tepat untuk melawan musuh tersebut. Perang kali ini, kata dia, bukanlah perang angkat senjata yang membutuhkan tentara, tank, dan lainnya.

"Ini dunia sedang bersatu melawan hantu yang namanya virus corona, oleh karena itu pendekatan perangnya tidak bisa angkat senjata yang ada intelijen, mencari berapa jumlah musuh."

Ia membandingkan tim yang dibentuk pemerintah Indonesia dan pemerintah Amerika Serikat (AS). Di AS, kata Faisal, setiap hari Donald Trump menunjuk para pakar yang tepat seperti ahli virus, ahli penyakit menular, ahli yang kompeten dan bisa sampaikan hal yang semestinya ke presiden.

"Jadi rakyat butuh bukan politis yang bicara, bukan tentara yang bicara. Tapi ahli yang tahu dan bisa melawan hantu ini," jelasnya.

Di Indonesia, yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) rata-rata adalah tentara bahkan sampai menteri kesehatan juga tentara. "Kita tentara yang jadi komandan."

Kesadaran untuk menunjuk orang yang benar-benar ahli di belakang presiden belum tampak di mata Faisal Basri. "Mudah-mudahan tampak segera," katanya. (R04)

Sumber: CNBC Indonesia

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index