Jamaah Calon Haji Rokan Hulu 2020 Mulai Diberikan Vaksinasi Meningitis

Rabu,25 Maret 2020 | 15:09:26 WIB
Jamaah Calon Haji Rokan Hulu 2020 Mulai Diberikan Vaksinasi Meningitis
Ket Foto : dr Darmadi Lubis, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular-Diskes Rohul.

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Melaksanakan ibadah haji tidak cukup hanya menyiapkan mental dan finansial saja. Lebih dari itu calon jemaah haji juga menyiapkan fisiknya agar siap menghadapi cuaca dan penularan penyakit yang dapat mengganggu penyelenggaraan ibadah.

Untuk memberikan keselamatan kesehatan bagi para Jemaah Calon Haji (JCH), Pemerintah Republik Indonesia mengharuskan setiap jemaah yang akan melaksanakan Ibadah Haji, untuk diberikan Vaksin Meningitis. 

Di Kabupaten Rokan Hulu, Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Kesehatan sejak tanggal 24-27 Maret 2020, mulai memberikan Vaksinasi Meningitis kepada 434 Jemaah Calon Haji Kabupaten Rokan Hulu tahun 2020.

Dinas Kesehatan Rokan Hulu bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu telah membuat jadwal bagi para JCH asal Rokan Hulu untuk diberikan Vaksin Meningitis yang pelaksanaannya dilakukan di Puskesmas Kecamatan Rambah Kota Pasir Pengaraian.

Penjelasan itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu dr Bambang Triono melalui Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular dr Darmadi Lubis kepada Riausky.com, (24/03) terkait dengan pelaksanaan kegiatan Vaksinasi Meningitis bagi para JCH  Rokan Hulu tahun 2020.

"Vaksin meningitis itu adalah vaksin wajib yang harus dilakukan calon jemaah haji untuk melindungi risiko tertular meningitis. suatu infeksi yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang dan keracunan darah. Pemberian vaksin ini, merupakan tahapan kegiatan yang mesti dilakukan oleh JCH." Terang dokter yang akrab dipanggil Darmadi.

Seluruh Jemaah Calon Haji asal Rokan Hulu yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi tahun 2020 ini lanjut dr Darmadi,telah diberitahukan melalui Kantor Kemenag Rokan Hulu terhadap jadwal pelaksanaan Vaksinasi Meningitis bagi Jemaah Calon Haji dari 16 Kecamatan se Rokan Hulu. Dinas Kesehatan Rokan Hulu telah menyiapkan Tim Medis untuk melayani jemaah. (R19)

Iklan Pajak Reklame Bapenda Pekanbaru



FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS