Ingatkan Jokowi akan Bahaya Corona, PDIP: Tidak Ada Salahnya Opsi Lockdown Mulai Dibahas dan Dipersiapkan

Kamis,26 Maret 2020 | 10:05:11 WIB
Ingatkan Jokowi akan Bahaya Corona, PDIP: Tidak Ada Salahnya Opsi Lockdown Mulai Dibahas dan Dipersiapkan
Ket Foto : Masinton Pasaribu/Net 

RIAUSKY.COM - Perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia kian mengkhawatirkan. Tercatat per 25 Maret 2020, jumlah positif virus corona di Indonesia mencapai 790 kasus, di mana 58 orang di antaranya meninggal dunia dan 31 dinyatakan sembuh.

Jumlah terbesar sebaran virus asal Wuhan, China itu ada di DKI Jakarta dengan 463 kasus, sembuh 23 orang dan meninggal 31 orang. Rasio kematian di DKI Jakarta akibat wabah virus corona adalah sebesar 6,7 persen, sedang persentase sembuh 4,9 persen. 

Menanggapi hal itu, Politisi Masinton Pasaribu menyampaikan dengan adanya peningkatan jumlah kasus yang terkena virus corona di wilayah DKI Jakarta, dapat dikatakan bahwa pusat penyebaran terbesar atau epicenter virus corona di Indonesia adanya di ibukota. 

Dengan perkembangan situasi demikian, pemerintah pusat dan pemerintah daerah DKI Jakarta harus duduk bersama untuk mengambil langkah-langkah konkret guna meminimalisir penyebaran virus corona di wilayah DKI Jakarta. 

“Tidak ada salahnya membahas dan mempersiapkan opsi lockdown sebagai alternatif terakhir untuk wilayah provinsi DKI Jakarta. Melihat penerapan opsi lockdown di berbagai negara ternyata efektif meminimalisir penyebaran virus corona,” ujar anggota Komisi I DPR RI itu kepada wartawan, Kamis (26/3). 

Meskipun lockdown bukan cara tunggal dalam melawan pandemi virus corona, kata Masinton, namun untuk saat ini opsi lockdown masih merupakan pilihan efektif yang dilakukan berbagai negara guna meminimalisir penyebaran virus corona di tengah-tengah masyarakatnya. 

“Bahkan negara tetangga Malaysia telah mengumumkan perpanjangan masa lockdown hingga 14 April 2020 setelah mencatatkan kasus infeksi corona tertinggi di Asia Tenggara. Malaysia mencapai 1.796 kasus,” tandasnya. (R02)

Sumber: Rmol.id

Iklan Pajak Reklame Bapenda Pekanbaru



FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS