Perlu Transparansi, Anies Baswedan: Orang Terkena Penyakit Corona Bukan Aib

Perlu Transparansi, Anies Baswedan: Orang Terkena Penyakit Corona Bukan Aib
Anies Baswedan/Repro

RIAUSKY.COM - Dunia termasuk Indonesia kini sedang dihadapkan pada persoalan serius yaitu pandemi virus corona atau Covid-19.

Yang jadi persoalannya, yang sedang dihadapi saat ini bukan hanya persoalan virus, namun juga bagaimana memutus mata rantai penyebaran agar tidak semakin meluas.

Demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam chanel Youtube milik Deddy Corbuzier yang diunggah Minggu (29/3) lalu.

Menurut Gubernur Anies mengajak, seluruh elemen bangsa mau belajar dari negara lain dalam menangani virus mematikan asal Wuhan, China yang telah merenggut ribuan nyawa di belahan dunia.

"Apa pelajaran dari negara lain? Yang pertama adalah transparansi, ini bukan aib penyakit. Jadi bukan karena kelakuan, kena penyakit ini," ujar Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini meminta jika ada pasien yang dinyatakan positif, maka pemerintah segera mengabarkan kepada yang bersangkutan sehingga langsung bisa telusuri.

"Kalau terlambat bisa fatal ini," tegas Anies.

Pelajaran berikutnya yang dapat diambil dari negara tetangga berkaitan dengan penghentian yang dilakukan secara masif.

"Isolasi. Mobilitas dikurangi. Kalau mau menyelamatkan ekonomi, sosial, maka sumber masalahnya dibereskan. Apa itu? Penyebarannya," pungkas Anies. (R01)

Sumber: Rmol.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index