Kabar Buruk! Arab Saudi Minta Umat Islam Tunda Persiapan Haji di Tengah Ketidakpastian akibat Corona

Kabar Buruk! Arab Saudi Minta Umat Islam Tunda Persiapan Haji di Tengah Ketidakpastian akibat Corona
Arab Saudi meminta umat Islam di seluruh dunia menunda persiapan haji sampai ada kejelasan terkait Covid-19 (Foto: AFP)

RIAUSKY.COM - Pemerintah Arab Saudi meminta umat Islam di seluruh dunia untuk menunda persiapan pelaksanaan haji tahun ini terkait ketidakpastian kondisi pandemi virus corona.

Awal bulan lalu, Arab Saudi menghentikan sementara pelaksanaan umrah, menyusul kemudian dengan pemberlakuan lockdown di Makkah, Madinah, serta beberapa kota penting yakni Riyadh dan Jeddah, sebagai dampak dari wabah Covid-19.

Menteri urusan haji Arab Saudi Mohammad Benten mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan seluruh keperluan haji untuk musim tahun ini, tapi kondisi wabah virus corona belum bisa dipastikan sampai kapan berakhir.

"Arab Saudi sepenuhnya siap untuk melayani jamaah haji dan umrah, tapi dalam kondisi saat ini, ketika kita berbicara tentang pandemi global, Kerajaan lebih fokus untuk melindungi kesehatan umat Islam dan warga negara dan oleh karena itu kami meminta muslim di semua negara untuk menunda (persiapan) sampai situasinya jelas,” ujarnya, dikutip dari AFP, Rabu (1/4/2020).

Namun, Pemerintah Saudi belum memastikan apakah pelaksanaan haji pada tahun ini dibatalkan atau tetap berjalan.

Pelaksanaan haji setiap tahunnya diikuti sekitar 2,5 juta jamaah, 1,7 di antaranya berasal dari luar Saudi.

Kementerian kesehatan Saudi melaporkan sejauh ini ada 1.563 kasus virus corona, 10 di antaranya meninggal dan 165 sembuh. (R01)

Sumber: iNews.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index