Beredar Foto Jenazah Kim Jong Un Terbujur di Kotak Kaca, Ternyata Ini Fakta Sebenarnya...

Beredar Foto Jenazah Kim Jong Un Terbujur di Kotak Kaca, Ternyata Ini Fakta Sebenarnya...
Foto palsu jenazah Kim Jong Un terbaring dalam kotak kaca

RIAUSKY.COM - Sebuah foto yang menunjukkan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un meninggal dunia dan terbaring di kotak kaca menjadi viral. Gambar ini muncul di tengah beredarnya rumor pria yang diperkirakan berusia 36 tahun itu meninggal setelah menjalani operasi jantung.

Dikutip dari The Sun, Senin (27/4/2020), foto itu palsu, yakni hasil manipulasi dari gambar jenazah ayah Kim, Kim Jong Il, yang meninggal pada 2011 akibat serangan jantung. Di bagian bawah ada credit jaringan televisi Jepang, JNN.

Tampak dalam foto, Kim terbaring diselimuti kain merah dan kepalanya bertumpu pada bantal.

Posisi itu persis dengan angle foto jenazah Kim Jong Il yang sedang disemayamkan, termasuk latar bunga. Bagian jenazah Kim Jong Il tampaknya dipotong dan diganti dengan Kim Jong Un.

Berbagai komentar di media sosial menyebut, foto itu sempat ditampilkan live di jaringan televisi Hong Kong, HKSTV. Stasiun itu termasuk yang melaporkan meninggalnya Kim pada akhir pekan lalu.

Foto Kim Jong Un meninggal bukan baru kali ini muncul. Gambar sosok yang mirip dengan Kim terbujur dalam peti mati pertama kali muncul di Twitter pada Oktober 2017 dan membuat heboh netizen.

Spekulasi meninggalnya Kim muncul setelah dia tak terlihat dalam peringatan hari ulang tahun pendiri negara yang juga kakeknya Kim Il Sung pada 15 April lalu. Padahal Kim tak pernah absen sebelumnya karena acara ini merupakan agenda penting negara.

Media online berbasis di Korea Selatan yang dikelola sebagian besar oleh pembelot Korut, Daily NK, mengutip sumber di pemerintahan Korut, melaporkan, Kim menjalani operasi jantung di rumah sakit khusus keluarga, Hyang San.

Rumah sakit itu sengaja dibangun jauh dari Pyongyang untuk menghindari pengawasan.

Dokter di sana dilaporkan menerima pelatihan spesialis di luar negeri dan fasilitas medisnya didatangkan dari Jerman dan Jepang.

Menurut laporan itu, Kim menjalani operasi jantung pada 12 April setelah terakhir terlihat di pemberitaan media pemerintah pada 11 April. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index